Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Rekreasi Kaisar China di Istana Terlarang akan Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 17/04/2019, 13:07 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

 JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun direstorasi, salah satu bagian dari Istana Terlarang di Beijing, China, siap dibuka untuk umum pada 2020. Bagian tersebut adalah Taman Qianlong, taman yang berada di bagian Timur Laut Istana Terlarang.

Taman ini didirkan pada 1770an, sebagai lokasi rekreasi wisata kaisar. Tak tanggung-tanggung, luas taman ini mencapai dua hektar.

Terdiri dari taman bebatuan dengan konfigurasi yang rumit, empat halaman, dan lebih dari dua lusin paviliun. Taman Qianlong merupakan representasi akan kekayaan kekaisaran China saat itu.

"Mereka (China) tidak ingin bangunan yang terlihat mirip, mereka ingin bangunan asli dengan teknik yang sama (dipakai dulu). Tantangan kami untuk menemukan orang-orang yang mengetahui teknik teknik ini yang serupa dengan pembangunan untuk kaisar," kata The World Monuments Fund, Henry Ng.

Salah satu bagian Taman Qianlong. WORLD MONUMENT FUND Salah satu bagian Taman Qianlong.
Menurut World Monuments Fund bekerja sama dengan Palace Museum dalam renovasi, interior Taman Qianling juga menunjukkan akulturasi China dan Eropada pada abad ke 18.

Contohnya mural sutra Trompe l'oeil (teknik tiga dimensi memberi ilusi mata), dan chiaroscuro (teknik kontras cahaya, terang gelap pada seni).

Pada abad ke 18, China diketahui memiiki kerja sama yang baik khususnya dalam perdagangan bersama bangsa Eropa.

Salah satu bagian di Taman Qianlong, Istana Terlarang Beijing. WORLD MONUMENT FUND Salah satu bagian di Taman Qianlong, Istana Terlarang Beijing.
Namun pada 1924, setelah kaisar terakhir China dari Dinasti Qing Puyi diusir dari istana, hampir satu abad Taman Qianlong terbengkalai.

Pada 2004 rencana restorasi besar-besaran untuk Iistana Terlarang diputuskan. Pada 2016, restorasi berhasil diselesaikan pada empat halaman. Saat ini konservator fokus bekerja memperbaiki interior dan eksterior taman sampai target pembukaan pada 2020. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com