Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Maumere Siaga dalam Prosesi Laut Semana Santa di Larantuka

Kompas.com - 19/04/2019, 18:20 WIB
Nansianus Taris,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

LARANTUKA, KOMPAS.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melaksanakan siaga SAR khusus dalam perayaan Paskah Semana Santa di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (18/4/2019).

Kepala Kantor Basarnas Maumere, I Putu Sudayana menjelaskan dalam siaga SAR khusus perayaan Paskah ini, pihaknya akan  melakukan pemantauan langsung di lokasi.

“Pengerahan dan pengendalian alut dan personel dalam aspek SAR telah disusun di dalam Rencana Operasi SAR. Alut yang dikerahkan berupa kapal Rescue Boat 212 dan RIB 01 dan 19 personel untuk melakukan pengamanan prosesi Semana Santa yang dalam rangkaian tersebut ada prosesi lautnya," kata Sudayana kepada Kompas.com, Jumat (19/4/2019).

"Dalam prosesi laut ini banyak umat dan peziarah yang ikut, maka kita perlu siagakan personel jaga di laut," katanya.

Baca juga: Kemenpar Targetkan 300 Wisman Ziarah ke Larantuka

Ia mengatakan, pihak Basarnas Maumere telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan instansi yang berpotensi SAR di wilayah Larantuka agar bersama-sama melakukan pengaman prosesi di laut.

"Kita ingin masyarakat menjalankan prosesi Semana Santa dengan aman dan penuh khidmat," katanya.

Sebanyak 19 personel Basarnas Maumere melakukan pengamanan prosesi Laut Semana Santa di Panti Paloh Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat (19/4/2019).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Sebanyak 19 personel Basarnas Maumere melakukan pengamanan prosesi Laut Semana Santa di Panti Paloh Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat (19/4/2019).
Sudayana berpesan kepada seluruh personel untuk tetap waspada dan sigap selama bertugas dan tetap mengutamakan keselamatan.

Untuk diketahui, prosesi laut Semana Santa berlangsung hari ini selama kurang lebih 2 jam. Sekitar 2.000 peziarah mengikuti prosesi laut dengan naik kapal dan speedboat di selat Larantuka.

Sementara itu, peziarah yang menyaksikan prosesi Laut Semana Santa dari darat diperkirakan berjumlah 5.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com