Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Pagi dengan Naik Kuda Terbang di Bukit Panguk Bantul

Kompas.com - 20/04/2019, 08:20 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BANTUL, KOMPAS.com – Keindahan panorama pagi hari menjadi satu hal yang bisa didapatkan saat berwisata di Yogyakarta. Ada banyak obyek wisata yang menawarkan indahnya pemandangan di waktu pagi.

Salah satu obyek wisata yang menawarkan keindahan panorama pagi ada di Bukit Panguk. Obyek wisata ini memang berada di kawasan destinasi Mangunan yang kaya akan tempat-tempat wisata nan instagramable.

Baca juga: Sensasi Naik Perahu Awan di Jurang Tembelan Yogyakarta

Bukit Panguk tidak jauh dari obyek wisata di Mangunan lainnya seperti Jurang Tembelan, Pinus Mangunan, dan Kebun Buah Mangunan. Lokasi Bukit Panguk tepatnya ada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Jarak dari Yogyakarta menuju Bukit Panguk adalah sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam perjalanan.

Spot Foto nan Instagramable

Obyek wisata Bukit Panguk menawarkan keindahan panorama hamparan perbukitan dari ketinggian. Panorama terbuka di sisi timur membuat keindahan matahari terbit dapat terlihat indah jika cuaca cerah.

Pengelola juga telah menambahkan berbagai spot foto yang unik dan Instagramable dengan latar belakang panorama hamparan perbukitan itu. keunikan spot foto dan pemandangan yang indah menjadi perpaduan sempurna di sini.

Baca juga: Indahnya Panorama Yogyakarta dari Ketinggian di Wisata Watu Goyang

Salah satu spot foto yang paling unik adalah kuda terbang. Meski sederhana karena hanya terbuat dari kayu, keunikannya menjadikan spot ini sebagai tempat foto favorit wisatawan Bukit Panguk.

Dengan sudut pengambilan gambar yang pas, hasil jepretan spot kuda terbang benar-benar tampak begitu menawan. Rasanya seolah benar-benar sedang menaiki kuda terbang yang mengudara di atas hamparan perbukitan hijau.

Spot foto di Bukit Panguk Kediwung, Bantul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Spot foto di Bukit Panguk Kediwung, Bantul.
Satu keunikan yang tersaji di beberapa obyek wisata Mangunan adalah adanya sungai kabut yang melayang di atas Sungai Oya pada pagi hari. Panorama semacam itu juga turut terlihat di Bukit Panguk.

Biasanya sungai kabut terlihat saat matahari terbit sampai sekitar pukul 07.00 WIB. Selain itu, kabut tipis yang melayang perlahan di sela-sela puncak bukit juga semakin menambah keindahan pagi di Bukit Panguk.

Baca juga: Asyiknya Terbang Naik Perahu di Langit Wonogiri

Selain spot kuda terbang, masih ada spot-spot foto lainnya seperti perahu kertas dan kura-kura terbang. Semua spot foto itu sama-sama unik dan berlatar belakang sama, yakni hamparan terbuka perbukitan hijau yang luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com