Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota di Dunia Paling Mahal untuk Perjalanan Bisnis

Kompas.com - 21/04/2019, 15:09 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuan pejalan di dunia umumnya terbagi menjadi dua, untuk berwisata atau urusan bisnis. Khusus pejalan untuk urusan bisnis, ada beberapa detail yang terbilang penting. Misalnya penginapan di daerah pusat bisnis, transportasi nan nyaman, serta ruang rapat yang mumpuni.

Konsultan manajemet ECA International melakukan survei, kota-kota mana di dunia yang terbilang mahal untuk perjalanan bisnis. Survei dilakukan berdasarkan tarif menginap di hotel dan biaya hidup yang layak untuk seorang ekspatriat.

Dari survei tersebut maka didapat 10 kota paling mahal di dunia untuk para perjalanan bisnis. Empat di antaranya adalah kota di Amerika Serikat.

"Untuk kota-kota di Amerika Seikat, dollar bergerak dengan sangat baik. Membuat kota-kota ini teratas dalam daftar. Tingkat permintaan juga tinggi di sana," kara analis dari ECA, Qasim Sarwar kepada CNN Internasional.

Baca juga: Negara yang Paling Banyak Dicari Netizen Selama Satu Dekade Lewat Google

Ada juga Reykjavik, ibu kota Islandia pendatang baru dalam daftar tersebut. Sarwar menyebutkan biaya perjalanan bisnis di Reykjavik tinggi karena bersentuhan dengan perjalanan wisata.

"Tingkat keterisian hotel di sana meningkat dengan ketersediaan yang sedikit, sedangkan permintannya tinggi. Jadi harga hotel meningkat dan itu jadi alasan utama," jelas Sarwar.

Hal yang menarik ada Luanda, ibu kota Angola, negara di Afrika Tengah sempat masuk daftar ini. Pada 2018 Luanda sempat berada pada urutan ke empat dalam daftar 10 kota paling mahal untuk perjalanan bisnis. Tahun ini Luanda merosot keluar dari posisi 10.

"Ini karena biaya hidup yang sangat tinggi untuk hidup dalam kualitas yang baik, hotel yang ramah ekspatriat. Namun dengan stabilisasi ekonomi negara ini, maka tingkat keamanan juga menjadi baik. Biaya hotel menurun, banyak hotel baru muncul," jelas Sarwar.

Berikut adalah daftar lengkap 10 kota paling mahal untuk perjalanan bisnis pada 2019, termasuk estimasi biaya yang harus dihabiskan pebisnis dalam satu hari:

1. New York, AS - 799 dollar AS setara Rp 11,2 juta
2. Jenewa, Swiss - 716 dollar AS setara Rp 10 juta
3. Zurich, Swiss - 661 dollar AS setara Rp 9,2 juta
4. Washington DC, AS - 621 dollar AS setara Rp 8,7 juta
5. Paris, Perancis - 617 dollar AS setara Rp 8,6 juta
6. Reykjavik, Islandia - 615 dollar AS setara Rp 8,6 juta
7. San Fransisco, AS - 581 dollar AS setara Rp 8,2 juta
8. Basel, Swiss - 579 dollar AS setara Rrp 8,1 juta
9. Los Angelese, AS - 578 dollar AS setara Rp 8,1 juta
10. Bern, Swiss - 576 dollar AS setara Rp 8 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com