Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Lanka, Destinasi Terbaik 2019 Versi Lonely Planet yang Tengah Berduka

Kompas.com - 22/04/2019, 15:07 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sri Lanka tengah berduka. Serangkaian ledakan bom mengguncang beberapa lokasi di Sri Lanka pada Minggu (21/4/2019), yang bertepatan dengan perayaan Paskah umat Kristiani. Laporan terkini menyebutkan korban tewas mencapai 156 orang.

Polisi setempat mengatakan, 500 orang juga terluka dalam enam ledakan bom yang hampir bersamaaan mengguncang gereja dan hotel. Sementara, korban tewas termasuk 35 orang asing.

Diwartakan Daily Mirror, sebanyak tiga gereja dan tiga hotel diguncang ledakan bom. Hotel tersebut antara lain The Kingsbury, Shangri-La, dan Cinnamon Grand.  Ketiga hotel tersebut terletak di ibu kota Sri Lanka, Colombo.

Namun tahukah Anda, Sri Lanka merupakan destinasi terbaik yang direkomendasikan perusahaan yang menerbitkan buku panduan perjalanan dan media digital terbesar di dunia, Lonely Planet untuk dikunjungi tahun ini.

Lalu apa yang menarik dari Sri Lanka ?

 Baca juga: Mengenal Hopper, Kuliner Mirip Serabi Khas Sri Lanka

Lonely Planet menyebut, Sri Lanka merupakan negara pulau yang berbatasan dengan pesisir Tenggara India dan Maladewa. Negara ini mungkin belum begitu populer di kalangan turis, namun sebenarnya punya potensi yang besar.

Sri Lanka juga memiliki berbagai jenis wisata, mulai dari wisata budaya, sejarah, wisata bahari, gunung dan hutan yang menarik untuk ditelusuri, hingga aneka festival tahunan yang meriah dan penuh warna.

Beberapa objek wisata di Sri Lanka bahkan masuk dalam situs budaya yang diakui UNESCO, seperti Batu Sirigaya, perkebunan teh Nuwara Eliya, Gunung Pidurutalagala, dan Taman Nasional Yala.

Port City, Sri LankaCHEC Port City Colombo (Pvt) Ltd Port City, Sri Lanka

Selain itu, alasan lain mengapa Sri Lanka direkomendasikan adalah karena negara ini belum banyak dikunjungi turis sehingga dapat memberi kesan perjalanan yang berbeda.

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk berwisata ke Sri Lanka juga tergolong murah. Per hari ini, 100 Rupee Srilanka sama dengan Rp 8.048. Padahal sekali makan di Sri Lanka wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar  150-200 Rupee Sri Lanka atau setara dengan sekitar Rp 17.000.

Biaya transportasi Sri Lanka juga tergolong murah. Bus dalam kota berkisar 10-20 Rupee Srilanka atau setara Rp 1.800.

Sri Lanka juga jadi destinasi wisata menarik untuk wisatawan asal Indonesia. Pasalnya wisawatan Indonesia yang ingin berkunjung ke Sri Lanka dapat dengan mudah melampirkan visa saat kedatangan (visa on arrival) yang prosesnya tak sampai satu jam.

Kini, akibat terjadinya teror bom, sejumlah negara mengeluarkan travel advice atau peringatan keamanan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Sri Lanka. Salah satunya Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com