Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ziarah Kubro, Wisata Religi Jelang Ramadhan di Palembang

Kompas.com - 25/04/2019, 15:09 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kota Palembang di Sumatera Selatan (Sumsel) identik dengan wisata kuliner Pempek yang gurih dan menyegarkan. Makanan ini sudah terkenal bagi para pecinta kuliner daerah, khususnya di Indonesia.

Namun, Palembang ternyata juga memiliki wisata religi bertajuk Ziarah Kubro yang digelar setiap tahun. Hal itu sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat muslim Palembang yang bermukim di sekitar Sungai Musi, khususnya bagi masyarakat komunitas Arab.

Ziarah Kubro sendiri diartikan sebagai "ziarah kubur" dalam bahasa Indonesia. Bagi masyarakat Palembang, ziarah kubro merupakan kegiatan berziarah massal ke makam-makam para ulama dan pendiri Kesultanan Palembang Darussalam, atau kerap juga disebut ‘waliyullah’.

Baca juga: Awal Tahun Kunjungan Wisman ke Palembang Naik 99 Persen, Ini Sebabnya

Kegiatan ini dikhususkan bagi kaum laki-laki. Peziarah biasanya menenakan kegiatan serba putih dari baju hingga celana, kemudian berbondong-bondong memadati beberapa jalanan di Palembang, persis seperti sebuah pawai.

Beberapa ulama dan bangsawan dari negeri tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, bahkan Yaman akan ikut serta berziarah. Para ulama dan bangsawan tersebut akan berjalan kaki menuju sejumlah titik ziarah di Palembang dalam sebuah barisan panjang sambil menjunjung panji-panji bertuliskan huruf Arab.

Humas haul dan ziarah kubro, Habib Mahdi mengatakan, umat muslim yang datang tak hanya berziarah, tetapi ada juga yang sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan keluarga di Kota Palembang.

"Mereka tidak hanya dari Palembang dan Sumsel saja, tapi juga ada dari mancanegara," ujarnya, Rabu (24/04/2019).

Baca juga: One Day Trip ke Palembang, ke Mana Saja?

Hal menarik dari ziarah kubro, makam yang disambangi ribuan umat muslim tersebut tidak berpusat di satu tempat saja, melainkan tersebar di berbagai lokasi di Palembang. Mulai dari Kambang Koci 5 Ilir, Kawah Tekurep, hingga ke wilayah Seberang Ulu.

Pada hari pertama, kegiatan dibagi menjadi dua, yakni pada pagi dan sore. Ziarah bermula dari Masjid Darul Muttaqien Pasar Kuto, menuju makam Habib Aqil bin Yahya dan Pemakaman Habib Achmad bin Syech Shahab pada pagi hari. Menjelang sore, kegiatan dilanjutkan di Pondok Pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu dengan haul dan rauhah oleh Habib Ahmad bin Abdullah Habsyi.

Model kegiatan yang sama juga akan berlangsung pada esok harinya, bertempat di Kampung Sungi Bayas 10 Ilir dan Rumah Habib Ahmad bin Hasan Al-Habsy di Komplek As-Segaf. Sementara pada hari pamungkas, kegiatan digelar mulai dari Kampung Sungi Bayas, 10 Ilir Palembang, menuju Pemakaman Pangeran Syarif Ali BSA di 5 Ilir, kemudian ke Pemakaman Kawah Tekurep 3 Ilir dan berakhir di Pemakaman Auliya’ Kambang Koci 5 Ilir.

Tahun ini, Ziarah Kubro akan dilaksanakan pada 26-28 April 2019. Bagi Anda umat muslim, berminat mengikuti tradisi ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com