Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Sophia Akan Meriahkan Eight Festival Makassar 2019

Kompas.com - 28/04/2019, 18:07 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Selatan telah meluncurkan Calender of Event (CoE) 2019. Empat event masuk ke dalam Wonderful Indonesia 2019. Sementara satu di antaranya, yaitu Eight Festival (F8) Makassar, masuk Top 10 Wonderful Events.

Tahun ini, ada yang berbeda dari pergelaran F8 Makasar 2019. Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan mengatakan, pihaknya akan mendatangkan Robot Sophia. Robot humanoid berintelegensi itu memiliki kewarganegaraan Arab Saudi.

Robot tersebut diproyeksikan untuk menggabungkan teknologi 4.0 dengan kultur budaya yang dimiliki Sulawesi Selatan.

"Kami memasukan futuristik robotik F8 4.0 di mana kami ingin mempertemukan eksperimen budaya yang akan bertemu dengan teknologi robotik. Kami Berusaha mengundang sophia," ujar Ramdhan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Jumat (26/04/2019).

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Sulawesi Selatan

Dia memaparkan, perhatian dunia akan tertuju pada F8 Makassar jika berhasil mendatangkan Robot Sophia ke Indonesia. Terlebih, lanjut Ramdhan, hal ini turut bisa menggaet kehadiran turis mancanegara datang ke Indonesia.

Sementara, Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani mengaku terkesan dengan F8 Makassar karena menampilkan 8 unsur wisata sekaligus. Yaitu pertunjukan fashion, film, folk, flora dan fauna, fine art, fussion music, serta fiction writer and font.

Menurut Rizki, ide dan konsep yang kreatif merupakan bagian penting dalam suatu penyelenggaraan acara. Kedatangan Robot Sophia menjadi salah satu ide yang sangat kreatif.

"Konten kreatif menunjukkan bahwa Sulsel siap menjadi pariwisata 4.0. Ini menunjukkan bahwa Sulsel menjadi terdepan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Diketahui, Robot Sophia merupakan robot humanoid yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Hongkong. Robot ini menjadi warga negara Arab Saudi semenjak Oktober 2017. Hal ini mengukuhkan namanya dalam robot pertama yang memilki warga negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com