Share this page

Paralayang Gunung Banyak, Menikmati Batu Malang dari Ketinggian

Kompas.com - 28/Apr/2019 , 23:15 WIB

Paralayang Gunung Banyak, Menikmati Batu Malang dari Ketinggian

KOMPAS.com - Pernahkah mendengar nama Japro Megawanto? Dialah atlet paralayang yang dilahirkan dari puncak Gunung Banyak dan sukses meraih medali emas dalam Asian Games 2018.

Sekadar informasi, paralayang puncak Gunung Banyak berada di ketinggian 1.326 Mdpl. Awalnya, tempat ini merupakan landasan take off atlet paralayang. Namun sekarang justru hits bagi para wistaawan.

Gunung Banyak kini menjadi obyek wisata favorit pelancong yang ingin menikmati sensasi indahnya Kota Batu dengan terbang di udara. Bebas melayang, ditemani instruktur yang sudah berpengalaman. 

Adapaun taif yang ditawarkan sekitar Rp 400.000 untuk tandem. Cukup sepadan dengan pengalaman dan sensasi yang bakal didapat. Kalau berani, mintalah berswafoto dengan instruktur yang mendampingi selagi melayang di langit Batu.

Gunung Banyak mudah dicapai, lewat jalan arah menuju Pujon, Kabupaten Malang. Sampai di warung-warung berjejer pinggir jalan, carilah jalan menuju Songgoriti. Ikuti jalan itu. Kondisi tempatnya memang sempit dan agak sepi. Sudah begitu, ada jurang di kanan dan kiri. ikuti jalan tersbeut hingga menemukan lokasi paralayang.

Wisata ke tempat ini, cukup murah dibandingkan paralayang di tempat lain.

Tak semua pelancong yang datang berani mengikutinaktivitas paralayang. Ada juga yang datang hanya ingin menikmati alam dna panorama latar di sana. Tarif masuk yang menyuguhkan panorama itu, hanya dikenakan Rp 5.000 per orang. Sedangkan parkir untuk satu kendaraan juga dipatok Rp 5.000.

Penginapan rumah pohon

Kalau sudah puas terbang, jangan buru-buru pulang. Tak jauh dari lokasi paralayang, ada Omah Kayu, penginapan dengan konsep rumah pohon. Dari ketinggian di Omah Kayu ini, wistawan bisa menikmati pemandangan sawah dan pegunungan yang mengelilingi Kota Batu   

Tarif sewa Omah Kayu rata-rata ditawarkan Rp 350.000 saat hari biasa dan Rp 450.000 saat akhir pekan. Pengelolanya masih memperbolehkan berfoto di dalam kamar Omah Kayu dengan catatan tidak sedang ada tamu yang menginap. 

Artikel lainnya mengenai Jawa Timur:

Pesona Kawasan Bukit Menoreh di Kulon Progo

Berkunjung ke Pabrik Mie Lethek, Dibikin oleh Sapi

Candi Sambisari Menyimpan Prasasti Emas dari Abad Ke-9

Indonesia masih punya banyak destinasi wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Cari informasinya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya