Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Menpar: Fokus Garap Pasar Milenial!

Kompas.com - 30/04/2019, 08:37 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Milenial adalah konsumen pariwisata masa depan yang kedatangannya sudah sangat dirasakan saat ini. Industri pariwisata belum sepenuhnya melayani kalangan ini sehingga Kementerian Pariwisata akan fokus menggarap potensi tersebut.

Demikian dikatakan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam kunjungannya ke kantor Kompas Gramedia di Menara Kompas, Jakarta, Senin (29/4/2019). Menpar mengatakan upaya itu perlu dilakukan untuk mencapai target devisa 20 miliar dollar AS dari pariwisata tahun ini.

Ada 3 hal utama perlu dijadikan perhatian agar bisa fokus menggarap potensi pasar milenial tersebut. Pertama, tutur Menpar, kalangan milenial memiliki needs dan behavior yang sangat bergantung pada teknologi dan media sosial.

"Kedua, segmen ini penting, karena size dan influence power-nya besar. Maka, yang ketiga, butuh strategi marketing khusus untuk mengkapitalisasi potensi mereka sebagai masa depan industri pariwisata," ujar Arief.

Beruntungnya, lanjut Menpar, Presiden RI Joko Widodo, meminta pariwisata dijadikan leading sector untuk mendapatkan devisa sehingga kementerian lain ikut mendukungnya. Seiring datangnya era kreatif atau cultural industry dalam revolusi industri 4.0, lanjut Menpar, dia optimistis bisa menggarap pasar milenial.

"70 persen anak milenial itu sudah digital, mereka sudah memanfaatkan era digitalnya. Kalau urusan mencari destinasi wisata, memesan tiket ataupun bayar sudah terbiasa pakai aplikasi, ini yang berubah dan harus diikuti," kata Menpar.

Menpar bahkan mencontohkan fenomena hadirnya Online Travel Agent (OTA) yang semakin kuat dan jauh meninggalkan bisnis travel agent konvensional, terutama setelah Traveloka berhasil mencapai predikat unicorn digital company Indonesia.

Sebagai pasar utama wisata, lanjut Menpar, pasar pariwisata Asia sudah didominasi wisatawan milenial berusia 15-34 tahun yang mencapai hingga 57 persen. Di China generasi milenial akan mencapai 333 juta, Filipina 42 juta, Vietnam 26 juta, Thailand 19 juta, sedangkan Indonesia 82 juta.

"Jadi, ini kesempatan besar kita. Kalau bicara agriculture itu kita ingat Thailand, sedangkan sektor manufaktur kita akan ingat China, dan IT adalah Amerika Serikat, lalu Indonesia itu apa, ya wisata. Dengan majunya industri kreatif, kita akan masuk lewat Bekraf, dan Kemenpar akan dorong itu," ujar Menpar.

Apalagi, lanjut Menpar, pengakuan internasional terhadap pariwisata Indonesia semakin terasa betul, terutama setelah Lonely Planet memasukkan Indonesia sebagai peringkat ketujuh dalam 10 negara terbaik untuk dikunjungi tahun 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com