Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Maskapai Penerbangan di Terminal LCC Bandara Soetta

Kompas.com - 30/04/2019, 15:14 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terminal untuk maskapai berbiaya rendah atau low-cost carrier terminal (LCCT) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) akan mulai beroperasi pada 1 Mei 2019.

Senior Manager of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang mengatakan, LCCT ini merupakan pertama kalinya yang dibuka di Indonesia dan berlokasi di Terminal 2F Bandara Soetta. Menurutnya, di hari pertama beroperasi, ada beberapa maskapai penerbangan yang akan mulai mengangkut penumpang.

"Maskapai yang akan beroperasi di LCCT Terminal 2F antara lain Cebu Pacific, Thai Lion Air, Lion Air Internasional, Batik Air, Malindo Air dan AirAsia," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (30/4/2019).

Menurut Febri perwujudan ini sebagai komitmen PT Angkasa Pura II (Persero) untuk mendukung semangat yang dibangun pemerintah agar bandara berperan aktif dalam meningkatkan pariwisata di Indonesia. 

Terminal LCC Bandara Soekarno Hatta.Dokumentasi Angkasa Pura II Terminal LCC Bandara Soekarno Hatta.

“Dengan adanya LCCT, Bandara Internasional Soekarno-Hatta  telah melengkapi dan meningkatkan konektivitas dan memperluas keterjangkauan perjalanan berwisata ke pulau-pulau yang ada di Indonesia,” lanjut Febri.

Febri menyatakan, tahapan untuk menjadikan Terminal 2F sebagai terminal LCCT sepenuhnya telah rampung dan telah siap beroperasi pada 1 Mei mendatang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin menambahkan, penumpang LCC khusus rute internasional di Soekarno-Hatta pada tahun 2018 mencapai sekitar 30 persen dari total penumpang rute internasional yang berjumlah 15,5 juta orang.

Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, lanjutnya, sekitar 60 persen penumpang pesawat adalah generasi milenial. Oleh sebab itu LCC Terminal 2F didesain sesuai kebutuhan wisatawan yang mengutamakan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com