Share this page

Icip-icip Gonggong, Hidangan Laut Khas Pulau Bintan

Kompas.com - 30/Apr/2019 , 19:22 WIB

Icip-icip Gonggong, Hidangan Laut Khas Pulau Bintan

 

KOMPAS.com - Hidangan laut sudah menjadi panganan utama bagi pencinta kuliner yang berkunjung ke Tanjung Pinang, atau saat mengelilingi Pulau Bintan secara luas.

Di sana, makanan laut tak hanya ikan yang dimasak dengan berbagai cara, Pulau Bintan memiliki biota laut yang sedap untuk disantap dan mungkin tak dapat ditemui di tempat lain, yakni siput laut dan gonggong.

Gonggong atau Canarium Stroumbus, merupakan sejenis siput atau kerang laut yang familiar ditemui di Pulau Bintan, dan Kepulauan Riau.

Bahkan, di sana gonggong mejadi sebuah ikon Kota Tanjung Pinang. Ada  Gedung Gonggong yang dirancang layaknya Disney Opera House di Australia, atau Keong Mas di Taman Mini Jakarta.

Gonggong sendiri merupakan biota laut endemik yang hidup di perairan laut kepulauan Riau dan cukup banyak ditemui di Pulau Bintan. Gonggong jamak dikonsumsi karena diyakini mengandung nilai gizi yang tinggi.

Dalam setiap daging gonggong terdapat karbohidrat, kalori, protein, serta kandungan lemak baik. Dengan kandungan gizi yang banyak, dan rasanya yang lezat, tentu saja gonggong menjadi hidangan paling populer jika melancong ke Pulau Bintan.

Gonggong, makanan laut bernilai gizi tinggi.https://pesona.travel Gonggong, makanan laut bernilai gizi tinggi.

Meski demikian, tidak semua jenis gonggong nikmat untuk disantap. Setidaknya ada beberapa jenis gonggong yang memiliki cita rasa, yakni Gonggong Cangkang Tipis (berwarna putih), Gonggong Ayam (kecil dan berwarna hitam), Gonggong Cangkang Tebal, dan Gonggong Merah Cangkang Tebal.

Di Bintan, Biasanya gonggong dinikmati dengan siraman saus kacang, lada hitam, ataupun saus tiram yang terasa khas di lidah. Kalau yang paling simpel, gonggong dimasak dengan cara direbus lalu disajikan dengan saos asam manis.

Hmmm, jangan lupa mencoba kalau mampir ke Bintan.

Baca artikel menarik tentang Kepulauan Riau berikut ini:

Petualangan Eksotik, Menjelajah Hutan Mangrove Bintan

5 Destinasi Liburan Eksotik di Tanjungpinang

Wisata Religi di Pulau Penyengat Tanjung Pinang

Artikel lainnya mengenai destinasi di Indonesia terangkumdalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya