Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target 20 Juta Wisman, Indonesia Hadir di ATM Dubai

Kompas.com - 02/05/2019, 09:25 WIB
I Made Asdhiana

Editor

LONDON, KOMPAS.com - Indonesia hadir pada pameran pariwisata Arabian Travel Market (ATM) yang diadakan di Dubai untuk mengejar target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 khususnya 200.000 orang dari pasar Timur Tengah.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II, Kemenpar Nia Niscaya, Selasa (30/4/2019) mengatakan, Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata untuk ke-18 kali kembali berpartisipasi pada kegiatan tahunan ATM di Dubai yang berlangsung 28 April hingga 1 Mei di Dubai International Convention and Exhibition Center, Dubai, Uni Emirat Arab.

Baca juga: Menpar Berharap LCCT Bandara Soekarno-Hatta Datangkan 2 Juta Wisman

Menurut Nia, ATM tahun 2019 diikuti oleh lebih dari 3.285 eksibitor dari 86 negara, mencapai lebih dari 28.000 pengunjung. Pada tahun 2018 ATM Dubai diikuti 75 industri dengan perolehan hasil transaksi mencapai Rp 1,13 triliun.

Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 496 km2 (dua lantai) di Asia Region Sheikh Saeed Hall 3, No AS 2550 menggunakan perpaduan corak/unsur klasik dan bahagia selalu modern serta mengangkat tema berupa kapal Phinisi dan arsitektur tradisional Lombok.

Keindahan Dhow Dinner Cruise di malam hari, diambil dengan fitur Night Mode OPPO R17 ProDok. Oppo Keindahan Dhow Dinner Cruise di malam hari, diambil dengan fitur Night Mode OPPO R17 Pro
ATM Dubai diikuti 85 industri, terdiri dari atas tour operator, perhotelan, dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTB serta Aceh.

Baca juga: Borobudur Siapkan Jalur Khusus Wisman

Selama pameran ATM Indonesia mempromosikan potensi destinasi dan produk wisata berupa display bahan promosi cetak dan film pariwisata, berupa Booklet Welcome to Indonesia, Booklet Wisata Halal serta Leaflet berbahasa Arab, Tourist Map dan Goody Bag serta DVD (bahasa Inggris dan Arab).

Selain itu Indonesia juga menggelar bussiness meeting (B to B dan B to C). Kegiatan bussiness meeting berlangsung selama empat hari berturut-turut dengan komposisi tiga hari pertama trade show (sellers meet buyers) dan satu hari terakhir consumer show.

Pantai Tanjung Aan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.  ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Pantai Tanjung Aan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Indonesia juga menyediakan pelayanan informasi dan distribusi bahan promosi kepada para pengunjung pavilion Indonesia serta pembagian bahan promosi pariwisata maupun cenderamata selama berlangsungnya ATM Dubai 2019.

Untuk menarik minat pengunjung pameran sekaligus mempromosikan keragaman jenis kopi, herbal, dan batik nusantara, disediakan layanan kopi, mixiologist, dan body painting (batik henna) secara cuma-cuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com