Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Aek Natonang Perlu Kembangkan Atraksi Wisata

Kompas.com - 02/05/2019, 17:15 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


SAMOSIR, KOMPAS.com - Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir, Sumatera Utara dinilai perlu mengembangkan atraksi wisata untuk menarik minat wisatawan mengunjungi pulau tersebut.

Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Artha Prakarana, Leo Rustandi ketika menghadiri pertemuan dengan perwakilan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Wakil Bupati Samosir dan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, beberapa waktu lalu.

"Tempatnya bagus, tinggal dipikirkan atraksi apa yang cocok untuk mendatangkan orang lebih banyak, sambil mengembangkan PAD-nya," kata Leo.

Leo mengatakan pihaknya memiliki latar belakang pengetahuan soal perhotelan dan promotor kesenian sehingga bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak.

Kendati demikian, dia mengatakan analisis SWOT-nya harus dibuat sangat terencana.

Sementara itu, Pemilik Merapi Park Yogyakarta, Bambang Utomo, menilai sektor pariwisata Pulau Samosir masih berpotensi besar untuk dikembangkan lebih luas.

Dia menilai, kawasan wisata di sekitarnya sangat indah dan eksotis sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan sebagai kawasan pariwisata.

"Saya kira peluangnya besar karena Pulau Samosir dan sekitarnya yang dikelilingi oleh Danau Toba itu sangat indah sangat eksotis, dan kesempatan untuk mengembangkannya masih luas, karena banyak hamparan lanskap yang indah tapi belum dikerjakan oleh investor dan belum ada pemukiman," ujarnya.

Dengan dukungan DAK Fisik Kementerian Pariwisata 2019 sebesar Rp 6.717.114.000 dan DAK Non Fisik sebesar Rp 913.038.000 serta partisipasi pihak investor, destinasi wisata Danau Aek Natonang diharapkan akan semakin berkembang dan bisa menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Samosir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com