Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kemenpar Persilahkan Investor Garap Pariwisata Toba dan Samosir

Kompas.com - 03/05/2019, 10:00 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membuka kesempatan bagi investor untuk menggarap potensi wisata di Danau Toba dan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Hal tersebut diutarakan Kepala Bidang Investasi Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Mugiyanto, saat melakukan site visit bersama calon investor di Danau Aek Natonang, Kabupaten Samosir.

"Upaya yang kami lakukan adalah memfasilitasi dan mempertemukan calon investor dengan pemerintah daerah Kabupaten Samosir," papar Mugiyanto sesuai rilis yang Kompas.com terima, Jumat (3/5/2019).

Sebagai informasi, Danau Aek Natonang di Pulau Samosir yang ada di dalam Danau Toba menjadi salah satu kawasan yang ditawarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir untuk dikelola oleh investor.

Kawasan dengan luas 65 hektar (ha) ini rencananya akan dikembangkan sebagai lokasi kebun raya dengan berbagai macam atraksi serta akomodasi.

"Semoga dapat menarik investor berinvestasi di sektor pariwisata baik di bidang jasa akomodasi seperti perhotelan, resort, restoran maupun atraksi buatan lainnya," ujar Mugiyanto.

Adapun langkah Kemenpar tersebut merupakan komitmen untuk memajukan pariwisata Danau Toba dan sekitarnya, sebagai salah satu destinasi prioritas dari 10 Bali Baru yang dicanangkan pemerintah.

Dengan begitu diharapkan dapat mempercepat realisasi target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

"Itu termasuk target 1 juta wisman di kawasan Danau Toba," papar Mugiyanto.

Meski membuka pintu seluas-luasnya bagi investor, sambung Mugiyanto, dirinya mengingatkan jika pembangunan harus memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan menjaga muatan lokal di kawasan Samosir.

"Lebih jauh kami berharap dengan langkah ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," tutup Mugiyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com