Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Perancis Jalin Kerja Sama Kembangkan Wisata Bahari

Kompas.com - 04/05/2019, 19:35 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia dan Perancis menjalin kerja sama untuk mengembangkan wisata bahari dengan basis konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan atau “sustainable tourism development”.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Pariwisata Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, kerja sama tersebut diwujudkan dalam bentuk Forum for International Tourism and the Environment (FITE) 2019.

Baca juga: Ini Pendapat Turis Perancis tentang Nasi Goreng...

Giri mengatakan, melalui FITE ini, Indonesia dan Perancis bersepakat untuk menjaring ide-ide pengembangan wisata bahari berbasis pariwisata berkelanjutan dari para mahasiswa pariwisata.

"Ide mereka kemudian dimantapkan dan dimatangkan dengan kursus singkat yang akan dilaksanakan di Paris, Perancis. Diharapkan mahasiswa dapat berkontribusi dalam menyampaikan ide-ide untuk mengembangkan pariwisata yang ramah lingkungan di Indonesia,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

FITE tahun ini mengangkat tema "Can Indonesia's Maritime Identity Support Sustainable Tourism Development?" dan menghadirkan 10 pembicara yang berkompeten di bidangnya.

Selain presentasi dari seluruh pembicara, dalam acara ini 10 Finalis FITE 2019 Student Video Contest juga turut melakukan presentasi di hadapan dewan juri dan tamu undangan.

“Tiga orang Finalis dengan presentasi terbaik akan berkesempatan mengikuti kursus musim panas yang diselenggarakan di Paris,” katanya.

Kursus berlangsung selama dua pekan. Selama di Perancis mereka akan mempelajari tentang warisan budaya, sejarah, dan gastronomi negara itu.

Sejumlah mahasiswa yang menjadi finalis Student Video Contest yakni Muhammad Hafidz Annazly dari STP NHI Bandung, Stevanus Christa Nugraha dari STP NHI Bandung, Yusril Haqqi dari Poltekpar Lombok, Shaula Keumala dari STP NHI Bandung, Rheza Octama dari STP NHI Bandung, Tiffany Septa dari STP Bali, Hegi Kaban Siregar dari Poltekpar Medan, Winda Kusumawati Supandi dari Universitas Udayana, Ratih Yustikasari dari STP NHI Bandung, dan Nur Zaitun dari Poltekpar Makassar. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com