Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Di RSPAD, Sekretaris Kemenpar Ukus Kuswaris Hembuskan Nafas Terakhir

Kompas.com - 06/05/2019, 22:00 WIB
Mikhael Gewati

Editor


KOMPAS.com
- Pariwisata Indonesia berduka dengan meninggal dunianya Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Ukus Kuswara pada pukul 06.15 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Senin (6/5/2019).

Ukus wafat pada usianya 59 tahun atau tak sampai satu tahun lagi akan purna-tugas dari
Kemenpar. Ia pun hampir setengah masa hidupnya mengabadikan diri bagi kemajuan Pariwisata Indonesia.

Ia pun mengawali karier di Kemenpar yang dulu bernama Departemen Pos dan Telekomunikasi sejak 1 May 1987 dengan pangkat Penata Muda (III/a).

Semasa karirnya di birokrasi, Ukus yang terakhir menjabat sebagai Sekretaris Kemnpar sejak 2015 itu telah berhasil membawa Kemenpar menerima berbagai penghargaan. 

Salah satunya atas prestasi dalam Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Tahun 2018 dengan predikat "Sangat Baik" dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain sebagai Sekretaris Kemenpar, almarhum menjabat pula Ketua III Dewan Pegurus Nasional (DPN) KORPRI periode 2015-2020 dan Ketua Forum Sesmen (Forses).

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengaku mengenal Ukus secara pribadi sebagai seorang yang selalu murah senyum  dan ramah kepada siapa saja dalam setiap kesempatan.

Menpar bahkan pernah berjanji akan mengantarkan Ukus saat kelak nanti memasuki masa pensiunnya.

“Saya berjanji kepada beliau akan mengantar sampai beliau pensiun nanti, dan sekarang janji saya terlaksana, saya benar-benar mengantar beliau hingga akhir hayatnya,” kata Menpar Arief Yahya saat menerima jenazahnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Almarhum Ukus Kuswara diberangkatkan dari Gedung Sapta Pesona, Kemenpar menuju kampung halaman di Kuningan, Jawa Barat untuk diterima Bupati Kuningan. Jenazah kemudian disalatkan di Masjid Agung Kuningan sebelum dimakamkan.

Lebih lanjut, Menpar Arief Yahya setelah mensalatkan jenazah ia mengatakan almarhum  selama menjabat sebagai Sekretaris Menteri (Sesmen) Kemenpar banyak berjasa dalam menyejahterakan pegawai Kemenpar.

“Semoga Allah SWT menerima seluruh amal baik beliau," tutup Menpar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com