Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Galata Tawarkan Pemandangan Kota Istanbul dari Ketinggian

Kompas.com - 07/05/2019, 16:08 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

ISTANBUL, KOMPAS.com - Dek observasi di kota-kota besar dunia, difungikan sebagai obyek wisata melihat pemandangan dari ketinggian. Di Istanbul, Turki wisatawan juga dapat melihat pemandangan kota dari ketinggian.

Namun yang membuat menarik adalah wisatawan melihat pemandangan Istanbul dari menara bersejarah dengan bentuk yang ikonik, Menara Galata.

"Ini kalau hari biasa mengantre untuk naik ke atas sangat panjang. Mulai dari antrean tiket masuk. Hari ini tumben agak sepi," kata pemandu wisata Serhat di acara Zaloramadhan Discoveries bersama Zalora Indonesia dan Klook Travel Indonesia, di Istanbul, Kamis (14/3/2019).

Baca juga: Pencinta Kucing dan Anjing, Coba Liburan ke Turki Deh...

Menara Galata merupakan menara bersejarah di Istanbul. Dari jauh, bentuk menara ini layaknya menara di kisah negeri dongeng. Silinder dari bebatuan dengan atas menara yang kerucut.

Sejarah mencatat Galata Tower sudah berdiri sejak lama. Sekitar abad ke 5, saat Bizantium membangun menara kayu di lokasi Menara Galata.

Wisatawan memotret bagian interior Menara Galata di Istanbul, Turki.Kompas.com/Silvita Agmasari Wisatawan memotret bagian interior Menara Galata di Istanbul, Turki.

Menara ini tadinya difungsikan sebagai menara pemantau untuk pertahanan kota. Dari atas menara memang tampak sudut kota, khususnya kapal-kapal yang masuk dan keluar.

Baca juga: Menelusuri Jalan Istiklal, Jalan Kemenangan nan Ramai di Istanbul

Namun karena gempa bumi dan kebakaran, akhirnya bangunan Menara Galata dibangun dengan bahan batu pada 1348.

Pada masa Ustamaniyah, Menara Galata difungsikan sebagai penjara lalu menara pengamat titik api di kota jika terjadi kebakaran.

Baru pada 1960 Menara Galata dibuka untuk umum dan difungsikan sebagai obyek wisata seperti sekarang ini.

Pemandangan Istanbul dari atas Menara Galata.Kompas.com/Silvita Agmasari Pemandangan Istanbul dari atas Menara Galata.

Untuk naik ke menara dengan ketinggian 67 meter ini disediakan lift dan tangga untuk sampai ke puncak. Sesampainya di puncak menara, wisatawan diminta untuk bertoleransi karena puncak menara terbilang sempit, hanya bisa dilalui dua jalur pejalan.

Harga tiket masuk Menara Galata sebesar 25 Lira atau setara Rp 60.000. Selain melihat pemandangan kota Istanbul dari ketinggian, wisatawan juga dapat berfoto dengan kostum era Ustamaniyah di booth foto berbabayar dalam menara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com