Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Penting Usai Membeli Tiket Bus Mudik via Online

Kompas.com - 10/05/2019, 11:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk mudik kini bisa dipesan lewat online. Hal ini sangat membantu calon penumpang untuk memesan tiket bus dengan lebih mudah dan ringkas. 

"Sekarang sudah ada aplikasi penjualan tiket bus di Android, di agen perjalanan online, e- commerce juga sudah menjual tiket bus sekarang. Itu juga hanya untuk rute-rute tertentu," kata pemerhati transportasi bus AM Fikri saat dihubungi KompasTravel, Kamis (9/5/2019). 

Perlu dicatat saluran penjualan tiket bus lewat online tersebut adalah salah satu agen penjual tiket bus. Bukan saluran resmi dari Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia yang terbilang banyak. 

Jadi ada baiknya setelah memesan tiket bus lewat online, Fikri mengimbau bagi pembeli melakukan konfirmasi ulang kepada perusahaan bus penyedia tiket. 

"Konfirmasi ulang adakah ketersediaan kursi yang sudah dipesan karena istilahnya (pemesanan tiket) bisa tidak sampai dalam," sebut Fikri. 

Baca juga: Bosan Melancong Naik Kereta? Coba Bus Trans Jawa yang Tak Kalah Nyaman

Ia menyebutkan langkah konfirmasi kepada Perusahaan Otobus terbilang penting, disebabkan sistem pemesanan online bus di Indonesia belum terintegrasi layaknya sistem pemesanan pesawat atau kereta api. 

Sebelum dijual di saluran online, perusahaan otobus menjual tiketnya sendiri lewat agen-agen konvensional. Penjualan tiket bus lewat online di Indonesia baru marak satu tahun belakangan. 

Proses memesan tiket bus di Indonesia sendiri menurut Fikri masih cukup menantang bagi pembeli baru. Lantaran belum ada standarisasi perihal fasilitas, harga, dan jadwal keberangkatan.

Jadi pembeli tiket bus dituntut untuk mau mencari informasi mengenai ketersediaan bus di rute yang diinginkan, termasuk soal fasilitas yang disediakan perusahaan otobus, jadwal keberangkatan, dan harga.

Setelah yakin akan semuanya, barulah Fikri menyarankan untuk melakukan pemesanan tiket bus baik secara online atau konvensional.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com