Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Seru untuk Datang ke Pulau Kalong Yogyakarta

Kompas.com - 10/05/2019, 20:05 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pulau Kalong adalah salah satu lokasi yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Menariknya, menuju Pulau ini, Anda tidak perlu menggunakan kapal untuk menyeberang tapi justru menggunakan jembatan kayu yang disusun-susun menggunakan tali tambang.

Pulau Kalong merupakan sebuah daratan kecil di tengah-tengah laut selatan Yogyakarta. Nah, beberapa hal ini adalah hal-hal asyik yang bisa anda lakukan kalau sedang berkunjung ke Pulau Kalong.

1. Nikmati sensasi ekstrim menyeberang laut

Jembatan Pulau Kalong merupakan jembatan yang dibangun oleh warga setempat. Jembatan ini membentang sejauh 30 meter.

Saat menyeberang jembatan ini Anda akan merasakan jembatan bergoyang-goyang lantaran jembatan hanya disusun dari susunan papan-papan kayu berjarak yang saling dihubungkan dengan tali tambang.

Sensasi ekstrim makin terasa lantaran suara deburan ombak di bawah jembatan Pulau Kalong berdebur dengan kencang. Namun jika takut menyebrang, Anda bisa berfoto-foto saja di depan jembatan.

Tarif untuk menyeberang jembatan Pulau Kalong adalah Rp 25.000

2. Rasakan serunya mengelilingi Pulau Kalong

pengunjung berpose di tepian Pulau KalongKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA pengunjung berpose di tepian Pulau Kalong
Pulau Kalong merupakan pulau daratan yang terbentuk dari batuan karang. Bagian tengahnya berupa rerumputan ilalang dan tepiannya berupa ujung-ujung lancip bebatuan.

Mengelilingi pulau ini anda harus ekstra berhati-hati lantaran sisi pinggirnya langsung berhadapan dengan lautan lepas.

Kenakan pakaian yang nyaman, ringan dan sekiranya aman jika ingin mendatangi Pulau ini. Gunakan pula sandal atau sepatu yang tidak licin dan beralas tebal.

3. Camping Seru di Pulau Kalong

Berada di Pulau Kalong Anda bisa juga merasakan camping di Pulau ini. Terdapat area yang memang dikhususkan untuk mendirikan tenda. Namun khusus untuk camping di Pulau ini anda harus membayar Rp 100.000.

Nantinya sudah disediakan beberapa peralatan memasak sehingga jika pengunjung tidak membawa peralatan memasak, bisa menggunakan peralatan dari sana.

4. Main Di Pantai Greweng

Pantai GrewengKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pantai Greweng
Sebelum menuju ke Pulau Kalong, Anda harus melewati dulu Pantai Greweng, baru kemudian memanjat bukit di samping Pantai Greweng. Makanya sayang sekali kalau Anda sampai tidak mampir sekalian ke Pantai Greweng.

Pantai Greweng merupakan pantai berpasir putih. Pantainya tidak terlalu besar namun cukup bersih. Di sini ada pengunjung bisa mendirikan tenda maupun bermain voli air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com