Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Ini Rasanya Berkeliling Sabang dengan Sepeda Motor

Kompas.com - 11/05/2019, 20:10 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SABANG, KOMPAS.com – Belasan sepeda motor berjejer rapi di Kompleks Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Sepeda motor itu seluruhnya siap menyambut wisatawan. Salah satunya, milik Zulkarini, dengan nama Nazar Rental.

Penjaga rental senantiasa menyunggingkan senyum. Menawarkan sepeda motor atau mobil yang siap digunakan wisatawan berkeliling pulau mirip mirip model huruf-W-yang tersohor itu.

Bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Sabang, tampaknya opsi menyewa sepeda motor menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Sensasi Berenang Bersama Ikan Nemo di Sabang…

Maklum, aneka sepeda motor itu dibanderol Rp 100.000 per hari. Jika sewa beberapa hari bahkan mendapatkan diskon dari sang pemilik.

Deretan sepeda motor yang bisa disewa di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Deretan sepeda motor yang bisa disewa di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).
“Kami menyiapkan aneka sepeda motor, semua masih baru. Dijamin tidak mengecewakan saat berkeliling Sabang. Kalau pergi berdua, ya pas buat sewa sepeda motor saja. Lebih fleksibel berkeliling pulau ini,” kata Zul, panggilan akrab Zulkarnaini, Jumat (10/5/2019).

Pria sehari-hari sebagai pegawai negeri di Pemerintah Kota Sabang itu membuka bisnis itu sejak lima tahun terakhir. Dia memiliki 12 unit sepeda motor.

“Kalau lagi musim liburan, bahkan kadang tidak cukup unit sepeda motor yang tersedia. Jika hari biasa, rata-rata lima unit disewa wisatawan,” katanya.

Zulkarnain, pemilik usaha rental sepeda motor di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Zulkarnain, pemilik usaha rental sepeda motor di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).
Miswardi, salah seorang wisatawan yang menyewa sepeda motor menyebutkan, cara murah berkeliling Sabang ya dengan sepeda motor.

Dengan kendaraan roda dua itu, wisatawan bisa bebas berkeliling seluruh pulau. “Harganya terpenting murah,” katanya.

Ditambah lagi, bagi fotografer menyewa sepeda motor lebih mudah karena bisa diparkir dimana saja. Tidak perlu lokasi yang luas layaknya mobil untuk memarkir kendaraan.

Rombongan jurnalis asal Lhokseumawe berkeliling dengan sepeda motor di lintas Cot U Sibak, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Rombongan jurnalis asal Lhokseumawe berkeliling dengan sepeda motor di lintas Cot U Sibak, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).
Paket Ramadhan

Zul menawarkan paket khusus selama Ramadhan tahun ini. Dia mendiskon 50 persen harga sewa sepeda motor. Cukup bayar Rp 50.000 per hari maka sepeda motor untuk kendaraan berkeliling bisa digunakan.

“Kalau ambil beberapa hari, saya beri diskon lagi lah,” katanya.

Selama ramadhan tingkat kunjungan wisata ke Sabang relatif menurun. Wisatawan nusantara umumnya tidak liburan selama ramadhan. Karena itu pula, kunjungan jadi berkurang.

Deretan sepeda motor yang bisa disewa di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Deretan sepeda motor yang bisa disewa di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Jumat (10/5/2019).
“Hanya satu atau dua wisatawan yang liburan, itu pun sekaligus ada acara kantor di Sabang. Selebihnya wisatawan asing yang berkunjung ke Sabang,” katanya.

Nah, tampaknya Anda perlu mencoba berkeliling Sabang dengan sepeda motor. Murah, mudah dan selamat menikmati panorama pemberian Tuhan nan indah di ujung Pulau Sumatera itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com