Share this page

Air Panas Sipoholon, Sumber Air Sisa Letusan Gunung Martimbang

Kompas.com - 14/May/2019 , 18:41 WIB

Air Panas Sipoholon, Sumber Air Sisa Letusan Gunung Martimbang

KOMPAS.com – Kalau Turki punya Cappadocia, dengan kecantikan Pamukkale, sebuah pemandian air panas dengan kolam serba putih yang eksotis dan tersohor, Indonesia punya Sumber Air Panas Sipoholon di Tapanuli Utara.

Di sana, wisatawan dapat berendam air panas sambil menikmati udara sejuk pegunungan.

Sumber air panas yang terletak di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara memiliki banyak persamaan dengan Pamukkale.

Di tiap sudutnya, ada pegunungan pasir yang memancarkan warna putih mirip seperti kapas. Selain itu, aliran air panas dengan suhu 40-70 derajat Celsius menjadikan tempat ini punya nuansa yang berbeda. Liburan ke sini, dijamin tidak ingin pulang cepat-cepat.

Sekadar informasi, obyek wisata alam tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Martimbang yang mengandung belerang.

Banyak pengunjung yang percaya jika kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain untuk berobat, pemandian itu juga sering menjadi spot foto bagi anak muda. Mereka sengaja datang jauh-jauh demi mendapatkan foto terbaik di tempat tercantik Tapanuli Utara.

Wisata pemandian air panas Sipoholon  sangat mudah untuk dikunjungi. Letaknya  berada di pinggir jalan Lintas Timur Sumatera Utara atau hanya sekitar tujuh menit saja dari kota Tarutung.

Banyak akomodasi yang ditawarkan, seperti hotel yang berada di jalan Tarutung. Jadi, kalua terlalu malam dari pemandian, bisa menginap di hotel yang ada.

Keindahan dan eksotisme gunung kapur yang berpadu dengan warna warni khas pada gunung mampu membuat pengunjung takjub dan menjadikannya latar belakang obyek foto.

Di seputaran kolam air panas Sipoholon, juga dimanfaatkan penduduk setempat untuk menyediakan kolam-kolam yang dialiri air panas alami. Biaya masuknya cukup terjangkau.

Adanya tempat seperti itu jadi alternatif pengunjung dari luar daerah apabila kunjungan sangat ramai dan tidak mendapat tempat di kolam alami.

Rute, fakta, dan oleh-oleh

Pemandian Air Panas Sipoholon bukanlah satu-satunya destinasi wisata pemandian air panas yang terdapat di Tapanuli Utara, tetapi Pemandian Air Panas Sipoholon inilah yang paling mudah dijangkau oleh semua orang.

Pemandian air panas Sipoholon, Tapanuli Utara.https://pesona.travel Pemandian air panas Sipoholon, Tapanuli Utara.

Sebab letaknya yang strategis tepat berada di pinggir jalan lintas Timur Sumatera, yaitu jalan Siborong-borong menuju kota Tarutung.

Dari Medan, perjalanan menuju pemandian Air Panas Sipoholon bisa ditempuh sekitar 6-7 jam dengan kondisi jalan yang mulus, letaknya tepat di sebelah kiri bila dari arah Medan.

Rute yang diambil, Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat-Porsea-Balige-Siborongborong-Sipoholon. Paling dekat kalau lewat Bandara Silangit, hanya 1 jam dari Siborongborong.

Pemandian air panas tersebut selalu ramai disinggahi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Air Panas Sipoholon berasal dari pusat mata air perut bumi yang mengandung belerang cukup tinggi.

Belerang dipercaya, dapat membuat kulit sehat, lembut, dan mengobati penyakit pada kulit. Air panas yang mengandung belerang ini telah mengalir ratusan tahun akibat letusan Gunung Martimbang.

Setelah mandi dengan air hangat, biasanya perut jadi lapar. Pengunjung bisa langsung menuju warung dan restoran yang tersedia tidak jauh dari pemandian air panas.

Makanan khas Tapanuli Utara banyak tersaji di sana. Kalua mau pulang, jangan lupa membawa oleh oleh khas Sihobuk Tarutung seperti kacang Sihobuk yang dimasak dalam kuali besar dengan pasir di dalamnya.

Baca juga artikel seru lainnya tentang Sumatera Utara berikut :

Salib Kasih, Monumen Misionaris Nomensen di Tapanuli Utara

Naniura, Ikan Mentah Makanan Raja Batak

Ratusan Warna-warni Ulos Batak di Tapanuli Utara

Baca artikel lainnya mengenai destinasi wisata di Indonesia. Informasinya ada di Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya