Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Ramadhan di Gresik, Ada Kontes Bandeng

Kompas.com - 15/05/2019, 07:16 WIB
Hamzah Arfah,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Satu lagi kegiatan di Bulan Ramadhan yang hanya ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Yakni, kontes untuk memilih ikan bandeng paling besar milik petambak yang ada di Kota Santri. Biasanya kontes lebih dulu digelar, baru menyusul pasar bandeng tradisional.

Meski demikian, Kepala Dinas Perikanan Pemkab Gresik Choirul Anam mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerima tiga orang petambak yang mendaftar menjadi peserta dalam ajang satu tahunan tersebut. Dua petambak berasal dari wilayah Mengare yang ada di Kecamatan Bungah, dan satu lainnya berasal dari Kecamatan Ujungpangkah.

"Kami akan melihat langsung kelayakan bandeng yang akan diikutkan kontes serta habitat tambaknya. Hal ini penting, jangan sampai nanti ada bandeng peserta kontes yang bukan berasal dari Gresik," ujar Anam, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Singgah di Wilayah Gresik Utara, Jangan Lupa Nikmati Sate Lowayu

Dalam aturan kontes yang sudah ditetapkan dalam setiap edisi, panitia memang sengaja hanya memperbolehkan ikan bandeng yang dipelihara di wilayah Kabupaten Gresik saja. Petambak boleh berasal dari luar kota, namun bandeng harus tetap dibudidayakan di Gresik.

"Kami optimis, beberapa hari ke depan akan banyak lagi petambak Gresik yang ikut mendaftar,” ucap dia.

Sementara Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim menjelaskan, untuk kontes bandeng tahun ini direncanakan bakal dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2019 di mana pada tanggal 1 dan 2 Juni 2019 akan dilaksanakan pasar bandeng tradisional.

"Kontes bandeng merupakan pembukaan dari pasar bandeng tradisional yang akan dilaksanakan selama dua hari, sesudah acara kontes. Kami berharap, agar kegiatan tahunan menjelang Idul Fitri ini bisa memberikan kebahagiaan kepada seluruh masyarakat Gresik," kata Qosim.

Menurut rencana awal, bakal ada sebanyak 1.094 Usaha Kecil Menengah (UKM) yang siap meramaikan agenda kontes dan pasar bandeng tradisional nantinya. Mereka akan membuka lapaknya di jalan yang sudah disiapkan oleh Pemkab Gresik, mulai dari Jalan Raya Gubernur Suryo, Jalan Samanhudi hingga Jalan HOS Cokroaminoto.

"Untuk lapak penjual bandeng akan berada di depan pasar Kota Gresik. Sampai hari ini, sudah ada 73 pedagang bandeng yang bersedia akan ikut meramaikan," tutur dia.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno menambahkan, panggung acara untuk kontes bandeng nantinya sudah disepakati berada di pertigaan Jalan Raya Basuki Rahmat, Jalan HOS Cokroaminoto, dan Jalan Raden Santri, lokasi sama seperti yang digunakan oleh penyelenggaraan acara serupa pada tahun lalu.

Sutrisno berharap, dengan adanya kontes dan pasar bandeng tradisional yang diadakan rutin setiap tahun ini masyarakat Gresik semakin gemar makan ikan.

Pasalnya, potensi perikanan di Gresik sangat tinggi mencapai 32.000 hektar tambak budidaya ikan, dengan produksi ikan pada tahun 2018 sebesar 129.000 ton. Adapun produksi ikan tangkap mencapai 24.000 ton, dengan total produksi tahun 2018 sebesar 153.000 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com