Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Destinasi Domestik Paling Terimbas Harga Tiket Pesawat Mahal

Kompas.com - 15/05/2019, 19:12 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas naiknya harga tiket pesawat membuat pergerakan wisatawan domestik menurun. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan lewat data yang diterima dari Asita dan PHRI, pergerakan wisatawan domestik turun sampai 30 persen karena harga tiket pesawat yang melambung tinggi.

"Paling banyak turun itu adalah destinasi di luar Jawa. Mengapa di Jawa relatif bertahan? karena di Pulau Jawa lebih banyak yang overland (perjalanan via darat)," jelas Arief.

Arief mencontohkan di Jawa Timur, dari 50 juta wisatawan domestik, 70 persennya memilih perjalanan via darat untuk berwisata. Hal ini juga terjadi pada wisatawan domestik provinsi Jawa lainnya.

Sedangkan di luar Pulau Jawa, menurut Arief, destinasi seperti Labuan Bajo, Raja Ampat, dan Lombok mengalami penurunan paling parah imbas kenaikan harga tiket domestik.

Baca juga: Kisaran Harga Tiket Bus dan Kenaikannya untuk Mudik Lebaran

Ia juga menjelaskan, sebanyak dua sampai tiga persen dari jumlah wisatawan mancanegara juga mengurungkan niat untuk bepergian ke lain daerah atau pulau selama di Indonesia karena harga tiket pesawat domestik yang mahal. 

Untuk itu Arief meminta agar tarif batas atas tiket maskapai berbiaya rendah dapat diturunkan sampai 40 persen untuk mendukung pergerakan wisatawan domestik.

"Data dari BPS menyebutkan terjadi penurunan penumpang pesawat 22 persen. Saya prediksi 20 persen penunpang akan pindah ke transportasi darat," ucap Arief.

Ia juga menyebutkan akan ada keseimbangan baru, ketika harga tiket pesawat pada level tertentu akan diterima oleh masyarakat, dan jumlah wisatawan yang menggunakan transportasi darat dibanding udara akan jauh berbeda.

"Saat harga tiket pesawat naik ini yang lebih banyak (bepergian) adalah pebisnis bukan untuk berwisata," jelas Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com