Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kisaran Puncak Pembelian Tiket Mudik Tahun Ini

Kompas.com - 15/05/2019, 21:03 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, masyarakat Indonesia memiliki tradisi mudik ke kampung halaman. Kendati demikian, animo masyakarat yang tinggi ini kerap mengakibatkan ludesnya tiket mudik sebelum waktunya. Sehingga, beberapa calon pemudik tidak kebagian tiket keberangkatan ke kampung halaman.

Head of Growth Management Traveloka, Iko Putera, mengatakan puncak pembelian tiket arus mudik sedikit berbeda untuk setiap moda transportasi antara pesawat, bus, atau kereta.

Baca juga: Langkah Penting Usai Membeli Tiket Bus Mudik via Online

"Kereta itu H-90 Lebaran karena mengikuti jadwal pembukaan inventori dari KAI, biasanya 90 hari sebelum melonjak. Tapi kemudian akan ada puncak-puncak lagi mengikuti kereta tambahan dari KAI dari sisi timing atau tidak terduga. Tapi yang paling puncak itu H-90," kata Iko di Jakarta, Selasa (14/05/2019).

Sementara untuk pesawat dan bus, lanjut Iko, puncaknya H-15 atau H-14, namun tetap tergantung pada jadwal keberangkatan. Kemudian kondisi tersebut diperkirakan akan lanjut sampai H-7.

"Untuk bus, masih ada juga yang last minute, H-2 H-3 itu masih ada. tapi puncaknya tetap di H-14 sampai seminggu ke depan," ujarnya.

Baca juga: Kenapa Minat Pengguna Bus untuk Mudik Tahun Ini Meningkat?

Di samping itu, Iko mengatakan, pesawat masih menjadi moda transportasi masyarakat Indonesia untuk mudik. Dalam survei internal Traveloka, pengguna layanan pesawat ketika mudik mencapai 67 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com