Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Inisiasi Pameran Dagang, Investasi, dan Pariwisata Pacific Exposition 2019

Kompas.com - 17/05/2019, 19:10 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menginisiasi Pacific Exposition, pameran dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik. Pameran ini didukung sepenuhnya oleh Selandia Baru dan Australia, dan akan berlangsung dari tanggal 12 - 14 Juli 2019 di Skycity, Auckland, Selandia Baru.

Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Tantowi Yahya menjelaskan, Pacific Exposition adalah manifestasi dari keinginan untuk meningkatkan presensi di kawasan yang selama ini belum mendapatkan perhatian penuh.

Berbagai produk dan peluang investasi serta keelokan masing-masing negara akan dipamerkan selama tiga hari di pameran paling komprehensif yang pernah diadakan ini.

"Dengan berbagai atraksi dan pertunjukan yang akan kami gelar sepanjang Expo, kami targetkan paling sedikit 5.000 pengunjung akan hadir di Skycity, tempat Expo diselenggarakan," jelas Tantowi sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Kampanye Pariwisata Wonderful Indonesia Jadi yang Terbaik di Asean

Indonesia dalam pameran ini akan diwakili oleh lima provinsi yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT.

"Identitas kepasifikan Indonesia akan kita tonjolkan. Itulah mengapa ke lima provinsi tersebut yang kita pilih untuk mewakili Indonesia," jelas Tantowi yang selama ini aktif dan intens meningkatkan presensi Indonesia di kawasan ini.

Selain pameran, Pacific Exposition akan diselenggarakan Forum Bisnis berupa seminar perdagangan dan investasi yang membahas mengenai kebijakan, peluang dan insentif di masing-masing negara yang akan disampaikan oleh pejabat pemerintah dan tokoh bisnis dari masing-masing negara. Dari Indonesia diwakili Kepala BKPM dan Ketua Kadin.

Baca juga: Pariwisata Indonesia Dipromosikan Lewat Tik Tok

Rangkaian acara di Pacific Exposition ini akan diawali dengan Tourism Forum tanggal 11 Juli berupa seminar pariwisata dengan tema besar "Menuju Pasar Tunggal Pasifik" yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Menteri Arief Yahya akan tampil sebagai pembicara kunci. Pameran ditutup oleh Seminar Budaya Pasifik yang akan menampilkan Menteri PMK, Puan Maharani sebagai pembicara kunci.

Sampai saat ini sudah 16 dari 18 negara di Pasifik menyatakan kepastiannya untuk ikut serta di Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru. Negara-negara tersebut adalah Australia, Caledonia Baru, Cook Islands, Federated States of Micronesia, Fiji, Kiribati, Marshall Islands, Nauru, Nieu, Palau, Papua Nugini, Samoa, Selandia Baru, Solomon Islands, Tuvalu dan Indonesia sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com