Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan ke Museum Bahari Jakarta Yuk, Ada Pameran Rempah

Kompas.com - 18/05/2019, 09:04 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut Hari Museum Internasional, Museum Bahari, Jakarta menyelenggarakan acara bertema Pasar Rempah.

Acara ini terdiri dari pameran, seminar, dan lomba yang diselenggarakan sejak 19 Mei-31 Juni 2019 bertempat di Museum Bahari, Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Jakarta Utara.

"Kami mengambil tema rempah karena dahulu merupakan komoditas utama sampai rempah menarik banyak bangsa datang dan berdagang di Nusantara. Rempah memiliki nilai yang amat tinggi, memiliki banyak fungsi baik itu untuk penambah rasa, wewangian, bahkan obat," jelas Humas acara Pasar Rempah, Desfira Ramadhania Rousthesa dihubungi KompasTravel, Jumat (17/5/2019).

Desfira menyebutkan diharapkan dengan rangkaoan acara Pasar Rempah dapat memperkenalkan rempah ke masyarakat dan menaikkan kembali citra serta nilai rempah yang dahulu merupakan salah satu komoditas utama di Nusantara.

Berikut adalah penjelasan rangkaian acara untuk Pasar Rempah di Museum Bahari Jakarta:

1. Pameran (18 Mei - 13 Juni 2019)

Pameran mengangkat tema Pasar Rempah: Aroma Masa Silam, Tradisi Wewangian, Cita Rasa Masa Depan. Dalam pameran akan diceritakan mengenai sejarah perdagangan rempah di Indonesia dan dunia. Rempah-rempah sebagai komoditas dagang dan obat-obatan, serta rempah sebagai 'Future Flavour' yang akan divisualisasikan secara menarik dan interaktif.

2. Seminar (23 Mei 2019)

Untuk seminar, mengangkat tema Rempah Sebagai Pemersatu Bangsa, tema ini akan menjelaskan tentang bagaimana peran rempah dalam menyatukan kebudayaan.

3. Lomba Digital Art dan Call for Paper

Pendaftaran lomba dimulai 15 Mei 2019, dengan tenggat waktu pengiriman karya pada 20 Mei 2019, dan presentasi serta pengumuman pemenang pada 25 Mei 2019. Lomba diperuntukkan untuk umum usia 17-25 tahun domisili Jabodetabek. Hadiah lomba adalah uang puluhan juta rupiah.

Untuk seluruh rangkaian acara, baik pameran, seminar, maupun lomba dapat mendaftarkan diri dengan menghubungi narahubung yang tertera di dalam poster. Desfira (081264919898), Novia (081293689996) dan alamat email  di pasarrempah18@gmail.com. Kegiatan ini tidak memungut biaya bagi seluruh peserta atau pengujung pameran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com