Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Batiqa Hotels Mengurangi Penggunaan Plastik

Kompas.com - 19/05/2019, 07:48 WIB
Farida Farhan,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Batiqa Hotels Karawang meminimalisasi penggunaan plastik dengan mengganti amenities dengan ecoplas yang berbahan dasar tepung singkong. Tujuannya untuk mengurangi kerusakan lingkungan.

"Berbeda dengan plastik, ecoplas lebih cepat terurai. Tentu hal ini akan membantu kita dalam meminimalisasi jumlah limbah plastik yang beredar di daratan maupun lautan," kata Wakil Presdir Batiqa Hotel Management (BHM) Hospitality, Amir Michael Tjahaja di Batiqa Hotels Karawang, Kamis (18/5/2019).

Amir mengungkapkan, langkah mengganti amenities berbahan dasar plastik dengan ecoplas berbahan dasar tepung akan diterapkan secara bertahap. Setelah Karawang, langkah ini akan dilakukan di seluruh Hotel Batiqa.

"Kami berkomitmen mengambil peran aktif dalam gerakan konservasi alam Indonesia," katanya.

Baca juga: Haram Bungkusan Plastik di Pasar Dhoplang Wonogiri

Amir menyebut komitmen perusahaan untuk berperan aktif menjaga kestabilan ekosistem Indonesia diwujudkan melalui gerakan #OneEarthMovement. Tujuannya mengajak masyarakat lebih peduli akan kelestarian alam dan mengedukasi masyarakat atas isu conscious hospitality.

Conscious hospitality adalah layanan yang mengaplikasikan keramahtamahan dengan penuh kesadaran, bertujuan, dan pertimbangan yang bijaksana. Sebagai salah satu pelaku industri pariwisata, kelestarian lingkungan di destinasi wisata bahari seperti Kepulauan Derawan dan Pulau Rote merupakan hal yang menjadi perhatian kami,” katanya.

Saat ini sekitar 5-13 juta ton sampah plastik terbawa kelautan dan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Sehingga, untuk menangani hal ini memerlukan kolaborasi banyak pihak. Karenanya, tak hanya kepada tamu hotel, Batiqa Hotels mengajak masyarakat berperan aktif, melalui tiga cara yang disiapkan yakni:

1. Stay With Purpose

Batiqa Hotels akan mendonasikan Rp 10.000 per transaksi untuk setiap reservasi yang dilakukan dengan cara walk-in. Sementara untuk setiap reservasi melalui situs resmi
www.batiqa.com, donasi yang diberikan adalah sebesar Rp 5.000 per transaksi.

2. The Movement

Batiqa Hotels menawarkan amenities ecoplas yang dapat dibeli oleh tamu hotel di
bagian front office. Batiqa Hotels akan mendonasikan Rp 15.000 dari setiap ecoplas yang terjual.

3. Make a Difference

Bariqa Hotels memfasilitasi masyarakat yang ingin langsung berdonasi secara mandiri melalui link yang dapat ditemukan di www.batiqa.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com