Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Terjadi Kerusuhan Saat Menginap di Hotel, Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 23/05/2019, 16:09 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerusuhan menjadi momen mencekam bagi siapapun, termasuk bagi para pejalan. Di Jakarta misalnya, demonstrasi pasca pengumuman Pemilu 2019 berakhir ricuh selama 21-22 Mei 2019.

Di kawasan demonstrasi, sekitar Gedung Bawaslu terdapat banyak hotel terutama di Jalan MH Thamrin dan Jalan KH Wahid Hasyim.

"Kami ada dua hotel (Artotel Wahid Hasyim dan Artotel Thamrin) yang paling mencekam memang yang di Wahid Hasyim karena berada di daerah kerusuhannya itu. Kalau yang Jalan Sunda (Artotel Thamrin) alhamdulillah tidak terlalu kena, karena mungkin depan jalannya juga jalan kecil," kata Assistant Director of Marketing Communication Artotelgroup, Yulia Maria, dihubungi KompasTravel, Kamis (23/5/2019).

Yulia mengatakan saat kerusuhan masih banyak tamu yang menginap di Artotel Wahid Hasyim dan Artotel Thamrin. Untuk menjamin keamanan tamu yang menginap pihak Artotel melarang tamu meninggalkan hotel dan mengunci pintu masuk hotel.

Baca juga: Beberapa Negara Keluarkan Travel Advisory untuk Warganya di Indonesia

Penjagaan hotel khususnya di Artotel Wahid Hasyim diperketat, dengan bantuan polisi serta TNI.

"Karena menginap di hotel sendiri jaminannya adalah keamanan dan kenyamanan. Kami meminta para tamu untuk tetap di hotel, di dalam kamar. Kalau mau makan silahkan room service. Itu garansi kami kepada tamu, keamanan dan kenyamanan," jelas Yulia.

Artotel juga masih menerima tamu yang telah melakukan reservasi saat kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Pihak hotel melakukan pemeriksaan lebih ketat kepada tamu yang baru datang. Termasuk pemeriksaan seluruh barang bawaan dan pencocokan identitas tamu, untuk menimalisir resiko seperti teroris.

Baca juga: Hotel-hotel di Kawasan Demonstrasi Tetap Beroperasi

Selain Artotel, salah satu hotel yang berada tepat di sebelah gedung Bawaslu adalah Four Points by Sheraton. Saat malam kerusuhan, Rabu (22/5/2019) para tamu diminta untuk mematikan lampu kamar, menutup gorden, dan tidak meninggalkan gedung hotel.

Jika memang terjadi kerusuhan saat menginap di hotel, dengarkan dan lakukan instruksi pihak hotel demi keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com