Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Goa Hira, Tempat Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama

Kompas.com - 23/05/2019, 17:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber Arab News

KOMPAS.com – Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Pada bulan ini, seluruh umat Islam di seluruh dunia diwajibkan menjalankan puasa dengan pahala ibadah yang dilipatgandakan.

Keutamaan bulan Ramadhan tidak hanya itu. Terdapat peristiwa penting yang kini diperingati sebagai malam Nuzulul Quran atau malam diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Kapal Nabi Nuh Adalah Pulau Maria di Australia?

Nuzulul Quran jatuh pada 17 Ramadhan. Tahun 2019 ini, peringatan itu jatuh pada tanggal 22 Mei. Di Indonesia, biasanya peringatan malam Nuzulul Quran diperingati dengan ceramah atau pengajian khusus bertema turunnya Al Quran.

Lokasi diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW berabad-abad silam ada di Goa Hira. Gua ini berada di sebuah gunung bernama Jabal An Nur. Letak Goa Hira hanya berjarak sekitar lima kilometer dari Masjidil Haram.

Tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama

Gua Hira dulunya merupakan tempat Nabi Muhammad SAW menyepi. Di sinilah Rasulullah SAW diangkat menjadi nabi pada usia 40 tahun bersamaan dengan turunnya wahyu pertama, yakni Surah Al Alaq ayat 1-5 melalui Malaikat Jibril.

Kini Goa Hira menjadi situs peninggalan penting yang banyak dikunjungi para peziarah. Memang gua ini bukanlah bagian dari ibadah haji atau umrah. Namun jarak dekat dengan Mekkah membuatnya menarik untuk dikunjungi mereka yang sedang berhaji atau umrah.

Baca juga: Angel Falls, Air Terjun Tertinggi Sedunia di Pedalaman Venezuela

Lokasi gua yang berada di atas Gunung Jabal An Nur membuat pengunjung harus mempersiapkan stamina jika ingin ke sana. Ada lebih dari 1.000 anak tangga yang harus ditapaki untuk sampai di sebuah gua terpencil.

Sepanjang jalan, ada banyak penjual yang menjajakan air kemasan, makanan ringan, hingga teh kepada para peziarah. Mereka yang lelah mendaki bisa beristirahat sembari makan dan minum.

Setibanya di puncak bukit, pemandangan ke arah Kota Mekkah akan terlihat sangat jelas. Panorama ini berbeda dengan apa yang dilihat Nabi Muhammad SAW, berupa bentang terbuka nan sepi dan tak berujung. Kini Kota Mekkah sangat megah dengan bangunan tinggi.

Baca juga: Ini Gurun Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Gumuk Pasir Parangtritis

Kini kawasan Goa Hira dan Jabal An Nur juga telah diawasi oleh pejabat setempat. Salah satu pengawasan ditujukan untuk menjaga kawasan itu agar tidak ada yang memuliakan apa pun selain Allah di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com