Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips dan Panduan Transportasi ke Bali Tanpa Naik Pesawat

Kompas.com - 24/05/2019, 08:06 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika Anda berencana menyambangi Pulau Bali dalam waktu dekat tetapi terbentur dengan tarif tiket pesawat yang mahal, tenang saja.

Datang ke Bali tanpa menggunakan pesawat bisa dilakukan dengan naik bus jurusan Jakarta-Bali. Hanya saja lama perjalanan yang ditempuh memakan waktu cukup lama, yakni sekitar 24-30 jam tergantung kondisi jalan dan bus yang digunakan.

Untuk mengakali hal ini, menuju Bali bisa dilakukan dengan menggunakan jalur darat yakni kereta api yang kemudian disambung dengan jalur laut.

Nah, berikut Kompas Travel mencoba memberikan panduan dan tips cara menuju Bali tanpa perlu menggunakan pesawat

1. Naiklah kereta menuju ke Surabaya

Hal pertama yang Anda lakukan adalah mencari kereta dengan rute Surabaya. Anda bisa naik kereta  ekonomi, demi menghemat perjalanan naiklah kereta Gaya Baru Malam Selatan yang berangkat dari staiun Pasar Senin.

Untuk tarif kereta ini sebesar Rp 104.000. Perjalanan nantinya membutuhkan waktu sekitar 15 jam.

2. Lanjutkan perjalanan ke Banyuwangi

Dari Surabaya Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Banyuwangi Baru dengan menggunakan kereta Probowangi yang bertarif Rp 56.000.

Perjalanan menggunakan kereta ini berkisar antara 7 jam lebih 15 menit.

3. Datanglah ke Pelabuhan Ketapang

Pemudik menggunakan sepeda motor saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang BanyuwangiKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Pemudik menggunakan sepeda motor saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi
Dari stasiun Banyuwangi Baru Anda bisa berjalan kaki ke Pelabuhan Ketapang selama sekitar 10 menit. Jarak yang ditempuh tidaklah terlalu jauh hanya berkisar 500 meter.

4. Menyeberang ke Gilimanuk

Dari Pelabuhan Ketapang, selanjutnya Anda akan menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali menggunakan kapal feri. Lama perjalanan menggunakan kapal feri adalah sekitar 45 menit dengan tarif Rp 6.500.

Setelah sampai ke Gilimanuk, selanjutnya Anda bisa naik bus ataupun ojek untuk melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat yang Anda inginkan selama di Bali.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com