Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Camilan Khas Yogya, Lezat Dimakan Saat Buka Puasa

Kompas.com - 24/05/2019, 19:06 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.COM – Jogja memiliki khasanah kuliner yang beragam. Tentu sayang jika Anda datang ke Yogya tanpa merasakan sajian kulinernya.

Untuk Anda yang berada di Yogyakarta selama bulan puasa ini, berikut daftar camilan manis yang cocok dimakan saat berbuka puasa:

1. Geplak

GeplakTribun Jogja Geplak

Makanan ini biasanya memiliki bentuk bulat atau kotak-kotak dan berwarna warni. Geplak terbuat dari parutan kelapa, gula pasir atau gula jawa, serta tepung beras yang disangrai. Rasa Geplak manis dan memiliki tekstur makanan yang mudah hancur ketika digigit.

Geplak cocok dijadikan buah tangan ketika Anda datang ke Jogja, pasalnya makanan ini terbilang cukup awet karna jangka waktu penyimpanannya yang panjang.

2. Thiwul

Thiwul khas Yogya memiliki citarasa yang manis lantaran tepung singkong yang digunakan dicampur dengan gula jawa. Berbeda dengan thiwul Wonogiri yang memiliki citarasa gurih, dan kerap disajikan dengan lauk pauk, sambal dan sayur.

Thiwul Jogja disajikan menggunakan parutan kelapa. Rasanya yang manis cocok dijadikan camilan saat berbuka puasa

3. Gatot

Gatot bertabur parutan kelapashutterstock.com Gatot bertabur parutan kelapa

Jika datang ke toko oleh-oleh yang menjual thiwul Jogja, biasanya gatot kerap disajikan secara bersamaan. Gatot juga terbuat dari singkong yang difermentasi terlebih dahulu.

Panganan ini tekstur makanannya dibuat kenyal dan berwarna coklat kehitaman. Gatot memiliki rasa manis dan enak dimakan dengan campuran parutan kelapa.

4. Jadah Tempe

jadah tempeTribun Jogja jadah tempe

Jadah Tempe merupakan gabungan dari jadah yang berwarna putih serta tempe bacem yang berwarna coklat. Jadah tempe merupakan panganan yang kerap disajikan bersamaan sebagai teman untuk minum teh.

5. Kipo

KipoTribun Jogja Kipo

Kipo terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan parutan kelapa dan gula jawa. Kipo memiliki rasa yang manis dan biasanya diberi pewarna hijau. Kipo merupakan makanan khas dari Kotagede.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com