Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Mobil dengan Anak, Yuk Siapkan 5 Hal Ini

Kompas.com - 28/05/2019, 18:10 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik menggunakan mobil masih menjadi andalan banyak orang Indonesia. Selain dapat mengangkut banyak penumpang, mudik dengan mobil terbilang fleksibel. Pemudik dapat menyesuaikan waktu istirahat, makan, sampai keinginan untuk plesir.

Jika membawa anak khususnya balita, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan sata memilih mudik dengan mobil. Berikut adalah rekomendasi persiapan yang harus dilakukan saat mudik dengan mobil:

1. Siapkan tas khusus perlengkapan anak

Di luar koper atau tas keluarga, siapkan tas khusus perlengkapan anak. Berisi pakaian ganti, tissue basah, kotak makan, botol susu, termos kecil, dan camilan anak. Hal ini akan mempermudah tanpa perlu membongkar tas di bagasi, dan dapat dibawa saat ingin mampir ke tempat wisata atau rumah makan.

2. Bawa perlengkapan buang air anak

Untuk orang dewasa urusan bunag hajat mungkin masih bisa ditahan, tetapi sulit jika itu anak kecil. Siapkan pispot kecil untuk mempermudah anak buang air di dalam mobil jika tidak menemukan toilet dalam perjalanan. Siapkan juga beberapa kantong plastik dan tisu bayi.

3. Siapkan hiburan anak

Jangan selalu mengandalkan gawai untuk menghibur anak. Road trip juga jadi saat yang tepat mempereat hubungan dan anak dan melatih kreativitasnya. Bisa dengan membawa play dough, puzzle, buku mewarnai, atau untuk anak usia lebih besar permainan seperti menghitung angka di plat mobil atau tebak peta (peta buta) juga bisa jadi hiburan tersendiri.

4. Bawa perlengkapan renang

Keunggulan mudik khususnya di Pulau Jawa adalah mudah menemukan pantai atau kolam renang umum. Untuk itu jangan lupa membawa perlengkapan renang. Berenang, selain menjadi hiburan anak-anak juga dapat menjadi momen bersantai orang tua.

Siapkan perlengkapan renang yang diatur rapi dalam tas terpisah, yang terdiri dari baju renang, topi, handuk, tabir surya, pelampung, kaca mata renang dan tas basah. Letakan ditempat yang mudah untuk diambil di bagasi mobil.

5. Siapkan camilan sehat

Penting untuk menyiapkan camilan selama di perjalanan, khususnya bila membawa anak. Camilan bukan berarti yang mengandung msg atau hanya yang manis. Bisa juga buah-buahan, sereal dan susu, serta yoghurt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com