Share this page

Berkayak ala "Gipsi Laut" di Pulau Papan

Kompas.com - 29/May/2019 , 03:07 WIB

Berkayak ala

KOMPAS.com - Matahari yang bersinar terik tepat di atas kepala seolah tak mengurangi niat tiga wisatawan mancanegara untuk menikmati eksotisme pantai pasir putih dan laut bening Pulau Papan.

Pulau itu letaknya ada di Kepulauan Togean,Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Hal itu mereka lakukan dengan cara mengintari Pulau Papan dengan menggunakan kayak. Gayanya bagai 'Gipsi Laut' atau yang biasa dikenal dengan Suku Bajo.

Kayak atau sampan yang terbuat dari kayu berasal dari jenis pohon Heritiera atau di daerah ini disebut dengan kayu palapi.

Berbekal dayung yang juga terbuat dari kayu, wisatawan dapat berkeliling menikmati keindahan alam pesisir dan bawah airnya. Perairan Pulau Papan sangat bening, sehingga siapapun dapat melihat dengan jelas terumbu karang dan ikan warna-warni yanga da di dalamnya.

Adapun nama Pulau Papan pada pulau tersebut karena memiliki jembatan yang panjangnya sekitar satu kilometer.

Jembatan itulah yang menghubungkan Pulau Papan dan Pulau Kadoda. Jembatan itu merupakan salah satu destinasi unggulan yang ada di Kepulauan Togean yang tak bisa dilewatkan. 

Kepulauan Togean sendiri adalah gugusan pulau-pulau yang ada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah.

Kawasan itu masukdalam perlindungan Taman Nasional Kepulauan Togean, karena memiliki keindahan terumbu karang dan biota laut yang patut untuk dilestarikan.

Di tengah desa di Pulau Papan terdapat satu tempat yang dinamai Puncak Batu Karang. Puncak ini biasa dijadikan tempat para anak-anak Suku Bajo untuk bermain bersama wisatawan.

Dari atas puncak, wisatawan bisa melihat seluruh jembatan dan pemandangan, air biru kehijauan di sekitar Pulau Papan.

Suku Bajo dikenal sebagai pelaut dan penyelam ulung. Mereka tak hanya bekerja, tapi juga hidup dan tinggal di tengah laut.

Selain alam laut, keramahan Suku Bajo merupakan hal utama yang bisa dijumpai di pulau ini. Dengan antusias yang tinggi, anak-anak Suku Bajo tak akan sungkan untuk mengajak pengunjung yang datang ke Pulau Papan.

Mereka bisa saja mengajak untuk sekadar berkunjung, berkeliling mengitari desa tempat tinggal mereka, hingga menemani berenang di perairan Pulau Papan.

Baca juga artikel petualangan seru lainnya di Togean berikut ini:

Sensasi ‘Remote Island’ di Kepulauan Togean

Danau Ubur-Ubur di Kepulauan Togean

Mendaki Gunung Colo, Gunung Api yang Mengubah Togean

Indonesia punya ragam destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Berpetualanglah dan susuri keindahannya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya