Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Supaya Kamu Terhindar Calo saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 30/05/2019, 08:15 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Bertemu dengan calo adalah salah satu hal yang menyebalkan. Pengalaman bertemu calo pernah saya alami pada 2015 silam kala mencari bus di terminal Pulo Gadung.

Ketika itu saya ditarik-tarik dan diikuti oleh sekitar 10 orang calo, hingga terjadi adegan adu mulut selama beberapa waktu.

Karena saat itu hari sudah sangat malam, tiket kereta sudah habis, sementara keesokan hari harus sudah tiba di tujuan, pada akhirnya saya terpaksa menuruti salah satu calo.

Apesnya, harga tiket yang ditawarkan terlampau mahal untuk kualitas yang ternyata jauh dari apa yang dikatakan si calo. Lebih parah lagi, bus yang saya naiki tiba di tujuan 10 jam lebih lambat dari seharusnya dan harus melalui 1 kali dioper ke bus lain yang berbeda jauh.

Lain waktu, saya pernah bertemu dengan calo di pelabuhan Bakauheni 2018 silam. Meski tidak sampai terjadi adegan tarik menarik, teteapi tetap saja bertemu calo menyisakan sedikit perasaan trauma.

Gangguan calo semestinya bukan sesuatu yang perlu ditakuti. Hal ini bisa diminimalisir dan bukan halangan untuk tetap menggunakan transportasi umum utamanya bus maupun kapal.

Apalagi, saat ini sudah banyak perbaikan-perbaikan yang diupayakan pemerintah untuk meminimalisir keberadaan para calo.

Tapi tetap saja, upaya meminimalisir gangguan calo perlu juga diupayakan oleh diri sendiri. Nah, berikut saya mencoba berbagi tips berdasarkan pengalaman penulis, agar kamu aman dari gangguan calo saat mudik lebaran nanti.

1. Jangan berpakaian terlalu mencolok

Detail perhiasan yng dikenakan Scarlett Johansson saat menghadiri world premiere film Avengers: Endgame di Los Angeles Convention Center pada 22 April 2019.Amy Sussman/Getty Images Detail perhiasan yng dikenakan Scarlett Johansson saat menghadiri world premiere film Avengers: Endgame di Los Angeles Convention Center pada 22 April 2019.
Ada baiknya ketika menggunakan transportasi umum seperti bus atau kapal, gunakan pakaian yang nyaman dan jangan terlalu mencolok. Sebisa mungkin, kamu bisa hindari pemakaian aksesoris maupun perhiasan yang berlebihan.

Berpakaianlah sewajarnya. Hal ini supaya kamu tidak terlihat seperti seorang pendatang dan terhindar dari berbagai tindak kejahatan.

2. Jangan terlihat bingung

Ilustrasi pria bingungSHUTTERSTOCK Ilustrasi pria bingung
Jangan menampakkan diri kalau kamu sedang bingung saat berada di terminal maupun pelabuhan. Berwajah bingung, beresiko memancing para calo menghampiri.

Kamu bisa berpura-pura mengaku menjemput teman jika tiba-tiba kamu dihampiri oleh orang tak dikenal dan ditanya macam-macam.

Seandainya kamu bingung saat berada di terminal dan tak tahu harus menuju kemana, cobalah untuk mencari petunjuk dari papan-papan yang terpasang, atau bertanya kepada petugas resmi.

3. Sebaiknya Pesan Tiket Online

Ilustrasi belanja online. SHUTTERSTOCK Ilustrasi belanja online.
Salah satu cara menghindari calo adalah membeli tiket secara online. Nantinya ketika kamu di terminal maupun pelabuhan dan tiba-tiba dihampiri calo, kamu bisa langsung menunjukkan bahwa kamu sudah memiliki tiket.

Ini bisa jadi cara manjur untuk mengusir mereka secara halus tanpa kamu perlu adu mulut.

4. Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak berseragam

Dimas Beck diabadikan ketika hadir pada gala premiere film Security Ugal-ugalan di CGV Cinemas Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2017) malam.KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Dimas Beck diabadikan ketika hadir pada gala premiere film Security Ugal-ugalan di CGV Cinemas Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2017) malam.
Saat datang ke terminal atau pelabuhan, jangan mudah percaya dengan orang-orang yang tidak berseragam resmi yang tiba-tiba menghampiri. Apabila kamu membutuhkan informasi  bertanyalah pada bagian keamanan maupun petugas resmi yang sedang bertugas.

5. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang tujuanmu

Turis di Wat Arun, sebuah kuil di Bangkok, ThailandThinkstock Turis di Wat Arun, sebuah kuil di Bangkok, Thailand
Sebelum pergi ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan kamu tuju. Seperti mengenai lokasi pemesanan tiket bus, harga tiket serta transportasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke tujuan.

6. Hindari mencari tiket saat hari terlampau malam

Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Rabu (15/5/2019) siang.KOMPAS.com/Vitorio Mantalean Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Rabu (15/5/2019) siang.
Kalau tidak terpaksa, hindarilah mencari tiket pulang secara mendadak apalagi di malam hari. Datang ke terminal maupun pelabuhan saat malam hari tentunya lebih beresiko jadi incaran para calo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com