Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2019, 03:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Pacitan memiliki bentangan alam yang menarik. Sebagian wilayahnya yang masih masuk ke dalam deretan pegunungan seribu, menyajikan hamparan hijau pegunungan kapur, sekaligus menghadirkan pesona goa-goa karst.

Sisi selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Pacitan memiliki cukup banyak kawasan pantai dengan pemandangan ciamik.

Bentangan alam yang mempesona inilah yang membuat Pacitan menawarkan cukup banyak pesona wisata alam.

Berikut ini Kompas Travel mencoba memberi ulasan tujuan tempat wisata alam keren yang ada di Pacitan. Nah, bisa kamu kunjungi nih tahun ini.

1. Pantai Srau

Keindahan Pasir Putih di Pantai SrauKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan Pasir Putih di Pantai Srau
Pantainya yang berpasir putih membentang luas, sangat cocok digunakan untuk bersantai sembari bermain air. Jika ingin memancing, ataupun menikmati pemandangan pantai dari ketinggian, kamu bisa pula mendaki ke atas bukit.

Tersedia spot untuk memancing yang sekaligus, bisa dijadikan sebagai lokasi menikmati pemandangan lautan dari sisi atas.

Pantai Srau berlokasi di desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

2. Pantai Watu Karung

Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan. KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan.
Pantai berpasir putih ini adalah salah satu pantai Pacitan yang menjadi surganya para peselancar. Tempat ini kerap didatangi oleh turis-turis asing yang hobi surving.

Pantai Watu Karung menghadap langsung ke Samudra Hindia. Ini salah satu yang membuat ombaknya tinggi mencapai 5 meter. Gulungan ombak dengan tipe reef break dan tinggi menjadi daya pikat bagi peselancar asing untuk menaklukkan ombak Watu Karung.

Jika kamu tidak bisa berselancar, tak perlu khawatir, lantaran pemandangan laut di sini tak akan membuat kecewa.

Pantai Watu Karung beralamat di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai dengan pengunjung yang tak pernah sepi. Pantainya luas dengan daya tarik utama berupa sajian bebatuan karang yang cukup banyak.

Batu-batu karang tersebut memiliki beragam bentuk yang unik. Menghadirkan pesona keindahan pantai yang berbeda, dari pantai-pantai yang lain.

Sebelah kiri pantai, terdapat hal unik lain yakni “seruling laut”. Seruling Laut merupakan julukan bagi karang air mancur. Pada saat ombak besar menyapu karang, air laut akan masuk ke sela-sela batu.

Air itu sekejap tampak menyusup ke bawah batu dan tenggelam. Namun, pada saat tak terduga, air akan menyembur keluar dari celah karang.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com