Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Agar Perjalanan Mudik via Tol Jadi Lebih Asyik

Kompas.com - 31/05/2019, 14:41 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Mungkin saat ini Anda sedang merencanakan atau tengah dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.

Perjalanan mudik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Kabar baik untuk Anda, karena saat ini ruas tol Trans-Jawa telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo. Jadi, mudik ke berbagai wilayah di Jawa melalui jalan tol bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Bagi Anda para pemudik yang ingin melintasi ruas jalan tol, kami punya beberapa tips agar perjalanan Anda lebih asyik dan terhindar dari kebosanan.

1. Ikuti informasi arus mudik

Menentukan waktu terbaik untuk memulai perjalanan mudik adalah hal utama yang harus diperhatikan. Karena jika waktunya tak tepat, bisa-bisa Anda mengalami kendala perjalanan seperti kemacetan dan lain sebagainya.

Untuk mengikuti informasi terbaru terkait arus mudik tahun ini, Anda dapat mengikuti liputan khusus mudik Kompas.com di program Merapah Trans-Jawa 4.

Baca juga: Saksikan Liputan Wisata Mudik dalam Merapah Trans Jawa 4.0

Tak hanya terkait arus mudik, dalam liputan khusus ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai lokasi rest area, nomor-nomor telepon penting seputar tol, tips mudik, hingga rekomendasi tempat wisata di sekitar jalur mudik Trans-Jawa.

2. Manfaatkan rest area

Menempuh perjalanan jarak jauh dalam waktu yang panjang tentunya akan membuat Anda lelah. Oleh sebab itu manfaatkan fasilitas rest-rest area yang ada di sepanjang jalur mudik.

Saat ini mayoritas rest area telah didesain sedemikian rupa sehingga akan membuat istirahat Anda menjadi lebih nyaman. Mulai dari toilet yang beraih, gerai makanan dengan menu beragam, hingga tempat ibadah dengan beragam fasilitasnya.

3. Wisata kuliner

Di tengah perjalanan mudik, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencoba beragam kuliner khas daerah yang jarang Anda temui di kota perantauan.

Dengan berwisata kuliner, Anda akan mendapatkan pengalaman baru, perjalanan menjadi tak monoton, dan Anda dapat memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.

4. Mampir ke destinasi wisata sekitar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com