Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Obyek Wisata Boyolali, Pas untuk Dikunjungi saat Mudik

Kompas.com - 31/05/2019, 17:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com – Salah satu aktivitas yang lazim dilakukan saat mudik ke kampung halaman adalah berwisata. Biasanya berwisata dilakukan usai silaturahim.

Bagi masyarakat Boyolali dan sekitarnya yang sedang mudik, maka momen Lebaran 2019 sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa menjelajah tempat-tempat wisata menarik.

Baca juga: Jalan-jalan ke Boyolali, Nikmati Segarnya Es Dawet Durian

Berikut ini 5 obyek wisata Boyolali yang pas untuk wisata saat mudik:

1. Kebun raya Indrokilo

Boyolali kini memiliki kebun raya seluas sekitar 8,9 hektar, yakni Kebun Raya Indrokilo. Kebun raya ini merupakan tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para perantau asal Boyolali yang kembali pulang ke kampung halaman pada momen lebaran 2019.

Salah satu ikon Kebun Raya Indrokilo,Gerbang Pasingsingan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu ikon Kebun Raya Indrokilo,Gerbang Pasingsingan.

Selain menyimpan berbagai spesies tanaman untuk ilmu pengetahuan, ada banyak spot Instagramable yang tersebar di area Kebun Raya Indrokilo. Hal itu membuat kebun raya ini pas dikunjungi bersama keluarga.

Baca juga: 7 Ikon Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Ada Air Terjun Niagara!

Jika ingin berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo, hendaknya berangkat pada pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di kebun raya yang masih baru ini.

2. Umbul Pengging

Boyolali juga terkenal akan pemandian air alami atau yang biasa disebut sebagai umbul. Air di pemandian ini benar-benar berasal langsung dari mata air yang bersumber dari dalam bumi sehingga kesegarannya tidak diragukan lagi.

Umbul Ngabean yang dulunya merupakan pemandian Raja Surakarta, Pakubuwana X.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Ngabean yang dulunya merupakan pemandian Raja Surakarta, Pakubuwana X.

Salah satu umbul favorit masyarakat Boyolali adalah Pengging. Total ada empat pemandian yang ada di Umbul Pengging, yakni Umbul Temanten, Umbul Duda, Umbul Ngabean, dan Umbul Anak (buatan).

Baca juga: Umbul Pengging, Pemandian Bernuansa Kerajaan di Boyolali

Selain segar, Umbul Pengging juga kental akan nuansa kerajaan. Dulunya, salah satu umbul, yakni Ngabean merupakan pemandian khsusu Raja Surakarta Hadiningrat saat itu, yakni Pakubuwana X.

3. Gancik Hilltop

Bagi pencinta udara segar khas pegunungan, Boyolali merupakan destinasi wisata yang pas. Hal itu karena Boyolali berada di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Ada beberapa tempat wisata yang ada di lereng kedua gunung tersebut.

Gancik Hilltop di Boyolali dengan latar belakang panorama Gunung MerapiKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gancik Hilltop di Boyolali dengan latar belakang panorama Gunung Merapi

Gancik Hilltop menjadi salah satu obyek wisata yang bisa dikunjungi untuk liburan. Lokasi Gancik Hilltop berada di lereng Gunung Merbabu, tidak jauh dari Basecamp Pendakian Merbabu via Selo.

Baca juga: Warna-warni Taman Bunga Celosia Mekar sampai Boyolali

Panorama Gunung Merapi yang begitu indah tersaji dari Gancik Hilltop ini. Selain itu, ada banyak spot selfie yang semakin mempercantik suasana.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com