Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat Mahal, Pegipegi Catat Peningkatan Penjualan Tiga Kali Lipat

Kompas.com - 01/06/2019, 03:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah harga tiket pesawat mahal, Online Travel Agent (OTA) Pegipegi mencatat peningkatan penjualan tiket pesawat dan hotel sebesar tiga kali lipat. Peningkatan penjualan tiket pesawat di Pegipegi tumbuh positif selama periode Januari - Mei 2019.

Chief Marketing Officer Pegipegi, Serlina S. Wijaya mengatakan peningkatan penjualan tiket pesawat dan hotel di Pegipegi menunjukkan performa bisnis yang berkelanjutan walaupun industri secara umum sedang mengalami tantangan.

“Strategi kami selalu fokus untuk memberikan beragam solusi traveling bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan selalu memberikan kemudahan dan harga yang terjangkau setiap hari,” ujar Serlina dalam keterangan pers yang diterima KompasTravel, Jumat (31/5).

Berdasarkan data internal, Pegipegi tetap mencatatkan pertumbuhan positif untuk seluruh transaksi penjualan tiket pesawat dan hotel di tengah harga tiket pesawat yang mahal.

Data Pegipegi mencatat ada lima destinasi favorit mudik masyarakat Indonesia yang mengalami peningkatan tiga kali lipat pada periode mudik tahun ini jika dibandingkan data tahun lalu.

Destinasi Padang mengalami peningkatan sebesar 20 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk destinasi Yogyakarta mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibanding tahun lalu.

Destinasi Medan mengalami peningkatan sebesar 24 persen dibandingkan tahun lalu. Destinasi Surabaya mengalami peningkatan sebesar 46 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara, destinasi Makassar mengalami peningkatan sebesar 74 persen dibandingkan tahun lalu.

Serlina menyebut peningkatan penjualan tiket pesawat dan hotel pada periode mudik tahun ini dirasakan setelah meluncurkan kampanye #MudikDapetBerkah dan diskon besar dengan tema BestPrize sejak 6 Mei hingga 9 Juni mendatang. Adapun diskon tiket pesawat dan hotel yang diberikan mencapai 144 persen.

"Hasilnya sangat signifikan di mana terjadi peningkatan hingga tiga kali lipat jika dibandingkan pada periode Ramadan tahun lalu,” tambahnya.

Seperti diketahui, prospek perjalanan mudik dihantui oleh harga tiket pesawat yang terus
mengalami peningkatan selama kuartal pertama tahun 2019 yang juga berdampak pada
banyak sektor pariwisata. Sejumlah pemudik juga terpantau memilih moda transportasi selain pesawat untuk mudik tahun ini lantaran harga tiket pesawat yang mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com