Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Asyik Menikmati Libur Lebaran di Taman Impian Jaya Ancol

Kompas.com - 02/06/2019, 06:20 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com – Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk mengisi libur lebaran? Jika Anda dan keluarga tengah berada di Jakarta dan sekitarnya, Taman Impian Jaya Ancol jadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk Kamu kunjungi.

Pada libur lebaran kali ini setidaknya ada 21 wahana baru dengan 2 internasional show dihadirkan. Bagi Anda  yang memutuskan untuk menghabiskan waktu libur lebaran di Ancol, berikut  beberapa tips agar liburan Anda lebih asyik.

1. Pilih Akses Terbaik

Kawasan Ancol Taman Impian dapat diakses dengan beragam moda transportasi mulai dari kendaraan pribadi, transportasi umum Transjakarta sampai KRL commuterline.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui tol dalam kota dan keluar di Ancol, ataupun akses Jalan Benyamin Sueb Kemayoran maupun Jalan Gunung Sahari.

Pengunjung juga bisa menggunakan moda transportasi umum untuk mencapai Ancol dengan bus transjakarta koridor PGC – Ancol dan juga KRL Commuterline menuju Stasiun Jakarta Kota atau Kampung Bandan. Shelter bus transjakarta langsung berada tepat di depan loket Dufan.

2. Kenali Sistem Parkir Terpusat

Guna mengatur lalu lintas di kawasan rekreasi Ancol, maka diberlakukan sistem parkir terpusat selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 6 hingga 8 Juni 2019.

Pengunjung yang masuk kawasan rekreasi dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih akan langsung diarahkan ke kantong parkir yang telah disediakan.

“Tidak perlu khawatir karena kantong parkir yang tersedia mampu menampung sekitar 12.000 mobil  dan 17.000 sepeda motor,” ujar Departement Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari melalui keterangan tertulis.

Ia mengatakan, manajemen Ancol menyiapkan kendaraan bus wara wiri yang dilengkapi pemandu wisata berjumlah 80 unit dengan ukuran besar dan sedang serta 8 unit kendaraan khusus disabilitas, ibu hamil dan manula.

Pengunjung juga dapat menggunakan kereta sato sato dan sepeda motor Ancol e-bike sebagai alat transportasi di dalam kawasan Ancol yang dapat diakses secara gratis.

Khusus periode 5-9 Juni 2019, peminjaman Ancol e-bike diberikan gratis untuk jangka waktu 30 menit dan setelah tanggal tersebut dapat dipinjam dengan sistem bayar Rp 10.000 untuk durasi setiap 30 menit.

Jika berminat, pengunjung dapat mendatangi 3 titik lokasi peminjaman sepeda yang berada di kawasan Ancol. Moda transportasi ini disediakan sekitar 60 unit.

“Perlu diperhatikan, pengunjung wajib parkir kendaraan pada tempatnya, karena jika parkir di sembarang tempat akan dipindahkan oleh mobil derek bekerja sama dengan Dinas Perhubungan ke lokasi parkir yang benar,” lanjut Rika.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com