Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Lauk Khas Indonesia Teman Menyantap Ketupat

Kompas.com - 04/06/2019, 22:02 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyantap ketupat jadi tradisi orang Indonesia saat Lebaran. Umumnya saat menyantap ketupat, ada lauk pendamping lain untuk menambah rasa dan tekstur masakan.

Berikut lima hidangan yang biasa dijadikan lauk pendamping ketupat.

1. Opor Ayam

Sejarawan Kuliner, Fadly Rahman mengatakan, hidangan opor tak benar-benar berasal dari Indonesia. Opor disebutkan berasal perpaduan antara masakan India dan Arab.

"India punya kari, lalu Arab membawa gulai, dan kita dengan kreatifnya melakukan modifikasi atau akulturasi budaya India dan Arab itu dengan menghasilkan opor,” papar Fadly

2. Semur

Semur jengkol di Warung Nasi Uduk Bang Udin Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta, Kamis (18/5/2017). Nasi uduk semur jengkol Bang Udin telah hadir sejak tahun 1986.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Semur jengkol di Warung Nasi Uduk Bang Udin Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta, Kamis (18/5/2017). Nasi uduk semur jengkol Bang Udin telah hadir sejak tahun 1986.
Semur tampak sederhana, tetapi sebenarnya punya sejarah yang panjang. Sejarawan JJ Rizal menyebutkan semur sejatinya adalah masakan yang tercipta dari perpaduan tiga bangsa.

"Tradisi dari zaman purba setiap masyarakat pasti punya cara mengolah daging dan cara mengawetkan daging tersebut. Daging semur adalah tradisi purba dari Indonesia. Kemudian datang pendatang dari China minta dibuatkan masakan kampung halamannya yang bahannya dari sari ikan kek," kata sejarawan JJ Rizal pada acara Peluncuran Peta Kuliner Nusantara di Gedung BukaLapak, Jakarta (26/11/2016).

Menurut Rizal, karena kebanyakan pendatang dari China adalah laki-laki, mereka kemudian memperistri perempuan Melayu.

"Sang istri yang orang Melayu memasukkan unsur mereka dengan gula jawa. Maka, jadilah kecap manis," katanya.

Uniknya JJ Rizal menyebutkan yang menamakan semur justru orang Belanda yang artinya daging dengan rasa manis dimasak sampai empuk.

3. Rendang

Rendang Ayam, salah satu menu Sinar Pagi Nasi Padang di acara Streat, Singapore Food Festival 2018 di Empress Lawn atau di depan Victoria Memorial Hall, Singapura, Sabtu (14/7/2018). KOMPAS.COM/MOH NADLIR Rendang Ayam, salah satu menu Sinar Pagi Nasi Padang di acara Streat, Singapore Food Festival 2018 di Empress Lawn atau di depan Victoria Memorial Hall, Singapura, Sabtu (14/7/2018).
Kalau di Jawa lauk ketupat identik dengan semur, beda dengan di Sumatera. Cita rasa manis kurang disukai sehingga semur biasa digantikan rendang.

Rendang berasal dari Sumatera Barat. Lambang dedikasi, kesabaran, dan martabat perempuan Minang. Mengolah rendang yang lezat bukan hal yang mudah. Pemilihan bahan terbaik, persiapan, dan proses masak rendang butuh waktu sampai berjam-jam.

Rendang juga bisa dibilang sebagai bintang dari segala masakan Minang, untuk itu perempuan Minang yang dapat memasak rendang dengan baik dan lezat biasanya akan mendapat banyak pujian.

4. Sambal Goreng Ati

Kurangi konsumsi menu Lebaran yang tinggi kalori, seperti sambal goreng ati.WIKIPEDIA/FITRI AGUNG Kurangi konsumsi menu Lebaran yang tinggi kalori, seperti sambal goreng ati.
Bahan sambal goreng ati dapat disesuaikan terhadap selera pemasak. Bisa ditambahkan potongan kentang, hati dan ampela ayam, petai, sampai udang.

Pada dasarnya sambal goreng hati memberi kedalaman rasa pedas, aroma, dan tekstur pada kuah ketupat. Jika masih tersisa, sambal goreng hati juga bisa dimasak untuk nasi goreng.

5. Sate

Sate kambing Lowayu, yang dianggap oleh pengunjung memiliki cita rasa berbeda.KOMPAS.com / HAMZAH Sate kambing Lowayu, yang dianggap oleh pengunjung memiliki cita rasa berbeda.
Sate juga punya pengaruh dari Arab. Jika di sana lebih dikenal shish kebab, di Indonesia lebih populer dengan sate. Perbedaan ada pada ukuran daging dan bumbu kecap serta kacang yang digunakan.

Selain sate daging sapi dan kambing, sebenarnya sate kerang dan sate kupang juga sangat cocok disantap dengan ketupat. Contohnya hidangan lontong balap khas Surabaya yang nikmat disantap dengan sate kupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com