Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Festival di Indonesia Sepanjang Juni 2019

Kompas.com - 09/06/2019, 18:06 WIB
Sherly Puspita,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata Indonesia menetapkan 100 festival tahunan dalam Calendar of Event (CoE) nasional 2019. Melalui beragam festival ini diharapkan wisatawan dalam maupun luar negeri dapat menikmati keindahan Indonesia baik dari segi alam, budaya, hingga atraksi buatan manusia atau dikenal dengan istilah man made.

Festival-festival tersebut digelar sepanjang tahun yang jadwal penyelenggaraannya telah dirilis sejak awal tahun ini. Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap dengan dirilisnya CoE nasional ini wisatawan semakin banyak wisatawan yang tertarik datang ke Indonesia.

Festival-festival ini juga dapat menjadi pilihan kegiatan kamu mengisi waktu liburan. Berikut ini daftar festival yang dapat kamu kunjungi selama bulan Juni 2019.

1.  Pesta kesenian Bali

Festival ini digelar mulai tangal 15 Juni hingga 13 Juli 2019 di Taman Budaya Art Centre, Bali. Pesta Kesenian Bali dianggap sebagai festival seni terlama, terpanjang dan paling meriah dalam tradisi festival di Indonesia.

Berlangsung selama sebulan penuh, festival ini melibatkan ribuan seniman dari seluruh penjuru Bali. Festival ini berjenjang melalui kompetisi tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

Festival ini juga terkenal dengan karnaval pembukaan yang megah, dan selama empat puluh tahun selalu dihadiri oleh Presiden RI, pesta ini mewakili puncak kerja seni sepanjang tahun. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi panitia penyelenggara festival di nomor 08155711854.

2.  Jakarnaval

Jakarnaval digelar pada tanggal 16 Juni 2019 di kawasan Monumen Nasional atau Monas.

Jakarnaval merupakan parade tahunan yang bernuansa budaya yang di selenggarakan dan diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta / Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat menghubungi panitia penyelenggara di nomor 0215209657 atau 02115209689.

3.  Festival Sriwijaya XXVIII 2019

Festival Sriwijaya akan digelar pada tanggal 16 hingga 23 Juni 2019 di Benteng Kuto Besak, Palembang.

Festival Sriwijaya merupakan satu diantara festival terbesar yang dilaksanakan di Indonesia dengan mempergelarkan berbagai macam kebudayaan bertaraf nasional dan internasional yang pada tahun 2019 ini memasuki pelaksanaannya yang ke-28.

Dalam event tersebut dipergelarkan kebudayaan dari 17 kabupaten/ kota di Sumatera Selatan, juga beberapa daerah Propinsi lain dan negara undangan, berbentuk tarian, drama musikal, lagu daerah, juga didukung oleh beberapa kegiatan yang berhubungan dengan budaya serta kerajaan Sriwijaya, seperti seminar, pameran, dan lain sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com