Share this page

Kebun Cengkeh Gambesi, Primadona Baru Wisata Alam Ternate

Kompas.com - 9/Jun/2019 , 20:44 WIB

Kebun Cengkeh Gambesi, Primadona Baru Wisata Alam Ternate

KOMPAS.com - Liburan bersantai sambil menikmati pemandangan indah bisa menjadi alternatif untuk menyegarkan pikiran dari rutinas sehari-hari. Di antara aktivitas itu adalah dengan berwisata kebun.

Dari dahulu kala, Ternate sudah dikenal dengan kekayaan rempah-rempah yang tumbuh subur di tanahnya. Sebut salah satunya, cengkeh.

Di Ternate, ada puluhan pohon cengkeh tua yang semua dahan dan rantingnya tumbuh tinggi menjulang dan sudah mengering, sebagian lagi masih segar.

Dahan-dahan dan ranting-ranting pohon cengkeh yang sudah mengering memberikan nuansa romantis dan asyik. Pemandangan kebun cengkeh Gambesi, Ternate ini kini menjadi lokasi wisata yang sedang hits untuk berfoto selfie sambil menikmati rindangnya naungan pepohonan cengkeh.

Di kebun Gambesi, pohon cengkeh yang tertata rapi, ditambah rumput hijau nan bersih semakin membuat siapa saja yang berada di sana betah untuk duduk berlama-lama. Bahkan tak jarang, kebun cengkeh di belakang Universitas Khairun, sekitar 15 menit dari pusat kota Ternate itu dijadikan tempat pengambilan gambar untuk pre-wedding.

Di kebun itu, anak-anak juga bisa bermain bebas di alam terbuka yang segar. Mereka bisa berlarian, dan berguling-guling di rumput.

Hijaunya Kebun Cengkeh Gambesi, Ternate.https://pesona.travel/ Hijaunya Kebun Cengkeh Gambesi, Ternate.

Beberapa pengunjung ada yang membawa hammock untuk dipasang di antara batang-batang cengkeh. Sementara anak-anak muda kebanyakan sibuk mencari sudut untuk jadi latar foto yang menarik.

Salah satu spot yang menarik untuk berfoto adalah sebuah rumah kebun yang sudah tua. Rumah mungil tersebut merupakan rumah pemilik kebun, biasanya berupa rumah panggung yang berfungsi untuk beristirahat saat merawat kebun.

Sayangnya, karena kebun cengkeh ini milik warga perorangan, fasilitas yang ada di kawasan ini masih terbilang sangat minim sebagai tempat wisata.

Pengunjung hanya bisa datang untuk menikmati suasana alam yang segar saja. Fasilitas yang biasa ada di tempat wisata seperti toilet, tempat ibadah, dan tempat makan minum belum tersedia di sini.

Oleh karenanya, pengunjung harus membawa persiapan makanan dan minuman dari rumah.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Ternate berikut ini:

Danau Ngade, Danau Paling Instagramable di Ternate

Pantai Fitu, Menikmati Keindahan Dua Gunung Ternate

Tradisi Lempar Batu di Danau Tolire Ternate

Indonesia punya ragam keindahan yang sungguh mempesona. Temukan cerita lainnya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya