Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Oleh-oleh dari Bandung Selain Molen Pisang

Kompas.com - 11/06/2019, 08:34 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandung masih menjadi destinasi favorit wisatawan asal Jakarta dan sekitar untuk menghabiskan waktu liburan. Selain pilihan destinasi yang beragam dan terus diperbarui, "Kota Kembang" punya banyak kuliner lezat.

Saat kamu pulang dari Bandung, ternyata ada banyak pilihan oleh-oleh, tak hanya molen pisang. Berikut oleh-oleh yang dapat kamu bawa pulang dari Bandung. Perlu dicatat harga yang tertera dapat mengalami perubahan:

1. Tahu Susu

Tahu Susu Lembang merupakan salah satu oleh-oleh terkenal dari Bandung. Terbuat dari kedelai berkualitas unggul dan susu sapi murni, membuat tahu ini super lembut.

Gerai Tahu Susu Lembang di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Bandung Barat. Selain produk tahu susu, terdapat juga tahu mentega yang tak kalah lezatnya. Mulai dari harga Rp 15.000 kamu sudah bisa mendapatkan 10 buah tahu susu yang sudah digoreng.

Kamu juga bisa membelinya dalam kondisi masih mentah dengan harga Rp 25.000 untuk satu pak tahu susu dan Rp 30.000 untuk satu pak tahu mentega.

2. Cireng 

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Tak hanya Bandung, makanan camilan cireng ini juga tersebar hampir di seluruh wilayah Jawa Barat. Saat ini banyak terdapat pilihan cireng yang dapat dibeli.

Mulai dari bentuknya yang beraneka ragam, sampai isi cireng yang juga bermacam-macam, seperti daging, sosis, keju, bakso, teriyaki dan lain sebagainya.

Di Bandung banyak terdapat toko-toko yang bisa diburu oleh wisatawan, diantaranya adalah Cireng Cipaganti, Cireng Kamsia, Cireng Keraton, Cireng Rampat, dan lain-lain.

3. Kue Soes

Jauh sebelum molen pisang, sebenarnya kue soes sudah lebih dahulu terkenal sebagai buah tangan dari Bandung. Salah satu toko kue legendari adalah Soes Merdeka Badranaya.

Awalnya toko kue ini dikelola oleh seorang Belanda bernama Meneer Van Grafhorst pada 1918. Pada 1969, nama toko kue ini berubah dan diteruskan oleh para karyawan toko lama.

Hingga kini Soes Merdeka nan legendaris tetap memproduksi kue soes dengan isian berwarna putih susu dengan rhum yang harum.

Tersedia pula kue soes tanpa room, aneka pastry, sosis, serta aneka daging olahan di toko yang beralamat di Jalan Merdeka Nomor 27, Bandung.

4. Bolu Bakar

Roko bolu bakar yang terkenal adalah Bolu Bakar Tunggal yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 570-574. Sebenarnya bolu bakar ini paling nikmat disantap dalam kondisi hangat, tetapi juga dapat menjadi pilihan oleh-oleh dan dihangatkan di rumah.

Tersedia aneka rasa dan isian bolu bakar dalam rasa manis dan gurih.

Penggemar fanatik bolu bakar biasanya akan selalu menyantap ini saat ke Bandung, lantaran terbilang unik dan sulit ditemui di kota lain. Kisaran satu bolu bakar Rp 40.000 tergantung isian.

Sajian Batagor H Darto di Bandung yang begitu menggugah selera. 

 TRIBUN JABAR/FASKO DEHOTMAN Sajian Batagor H Darto di Bandung yang begitu menggugah selera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com