Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran Usai, Waduk Darma Kuningan Masih Ramai Wisatawan

Kompas.com - 11/06/2019, 13:40 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


KUNINGAN, KOMPAS.com - Libur lebaran telah resmi berakhir Minggu (9/6/2019). Keesokan harinya, masyarakat Indonesia pada umumnya kembali bekerja dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Kendati demikian, berdasarkan pantauan KompasTravel pada Senin (10/6/2019), Kawasan Wisata Waduk Darma di Kuningan, Jawa Barat masih ramai dikunjungi wisatawan.

Terlihat pula berbagai pedagang menjajakan barang dagangannya kepada wisatawan. Mulai dari makanan, pernak-pernik, hingga pakaian, semuanya tumpah ruah di beberapa titik kawasan waduk.

Selain itu, wahana wisata seperti perahu keliling dan rekreasi anak juga terlihat beroperasi beserta para wisatawan yang menaikinya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner di Kuningan Jawa Barat, Siap Bikin Kamu Ngiler!

Eka (30), salah satu pengunjung asal Jakarta mengaku masih ingin menikmati momen libur bersama keluarga besar dengan mengunjungi destinasi wisata di Kuningan.

Dia bahkan rela izin kerja satu hari untuk mencuri waktu quality time ketika tenggat waktu libur lebaran telah datang.

"Besok saya baru masuk, Mas. Sekarang masih mau liburan dulu sama keluarga besar di Kuningan, jarang ketemu juga soalnya," kata Eka kepada KompasTravel sambil menyendok nasi goreng yang dibawanya dari rumah.

Para wisatawan naik perahu keliling untuk menikmati panorama Waduk Darma, Senin (10/06/2019).KOMPAS.com/RIFQI AUFAL SUTISNA Para wisatawan naik perahu keliling untuk menikmati panorama Waduk Darma, Senin (10/06/2019).

Sementara itu, Epi (42), wisatawan lokal asal Kuningan mengaku baru masuk kerja pada Senin (18/6/2019) sehingga masih bisa mengisi liburan dengan pergi ke destinasi wisata dekat rumah.

Dia dan keluarga sengaja mengunjungi waduk darma ketika libur lebaran usai untuk menghindari keramaian pengunjung.

"Tapi ternyata waduk ramai-ramai saja ya. Mungkin masyarakat masih ingin liburan. Karena kan memang ini masih momen lebaran, masih pada ingin silaturahmi," katanya.

Baca juga: Kuningan Kembangkan Wisata Alam dan Kesenian Daerah

Kawasan Wisata Waduk Darma terletak pada perlintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Tepatnya terletak di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Selain difungsikan sebagai wahana wisata oleh masyarakat sekitaran Kuningan, Waduk Darma juga dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air dan budidaya perikanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com