Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Ala Vlogger agar Tak Kaget Saat Bayar Setelah Makan

Kompas.com - 12/06/2019, 19:11 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peristiwa konsumen yang terkejut dengan harga makanan di warung pinggir jalan kembali terjadi.

Beberapa hari ini, di media sosial viral sebuah video yang menunjukkan keterkejutan seorang konsumen saat mengetahui harga seporsi rujak cingur Rp 60.000 di sebuah warung di Surabaya, Jawa Timur.

Sebelum ini, kejadian serupa juga terjadi di Tegal, Jawa Tengah. Seorang konsumen kaget saat ditagih hingga Rp 700.000 ketika makan di sebuah warung seafood.

Agar kejadian ini tak Anda alami, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Tak hanya saat makan di warung makanan, tetapi juga restoran-restoran. Salah satunya, ketahui daftar harganya sebelum Anda memesan dan menyantap makanannya.

Baca juga: Setelah Viral, Rujak Cingur di Surabaya Seharga Rp 60.000 Ramai Pembeli

Juru masak yang juga vlogger kuliner, Jeon Byeong Jun atau dikenal Jun Chef, memberikan sejumlah tips agar tak "kecele" saat membayar setelah makan.

"Sebelum membeli makanan ada baiknya untuk menanyakan harga terlebih dahulu dan dilihat dari tempat atau restorannya juga, karena dari tempatnya juga sudah bisa dipastikan mahal atau tidak," ujar Jun kepada Kompas.com, Rabu (12/6/2019).

Ia juga menyarankan, browsing alias mencari informasi melalui situs pencarian restoran, seperti Zomato, sebelum memutuskan di mana tempat makan yang Anda tuju.

"Browsing lewat Zomato atau aplikasi review makanan lainnya," ujar vlogger yang memiliki 274.477 pengikut di akun YouTube-nya, @JunChef.

Jangan malu bertanya jika warung yang Anda sambangi tak menyediakan daftar harga menu makanannya. Jika memang harganya tak sesuai kantong, jangan malu pula untuk "balik kanan". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com