Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal Ini Jangan Kamu Lakukan saat Traveling Bareng Teman!

Kompas.com - 15/06/2019, 22:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Traveling bisa menjadi salah satu cara untukmu mengenali karakter temanmu. Banyak yang bilang jika ingin tahu bagaimana sifat asli seseorang maka ajaklah ia traveling.

Meski jujur tentang diri sendiri dan membiarkan sifat aslimu keluar, adalah hal yang baik. Namun tentunya menjaga sikap agar tak menjadi partner traveling yang menyebalkan juga harus kamu upayakan. Setidaknya, ini bisa menjadi salah satu pembelajaran bagaimana mengelola ego pribadi.

Nah, jika kamu traveling bareng teman ada baiknya kamu menghindari 8 hal ini supaya travelingmu lancar dan persahabatanmu dengan temanmu makin erat:

1. Terlalu Sering Mengeluh

Berpartner dengan rekan traveling yang hobi mengeluh adalah hal yang gampang-gampang susah. Kalau kamu gemar mengeluh, dan kawan travelingmu bukan orang yang sabar, tulus, serta benar-benar care, perjalanan bisa-bisa hanya menyisakan rasa nggrundhel di hati masing-masing.

Agar selama perjalanan kamu bisa meminimalisir keluhan, ada baiknya kamu browsing dahulu tentang banyak hal.

Seperti bagaimana kondisi medan dan tempat yang akan kamu datangi. Hal ini penting supaya nantinya kamu tidak shock dan mengeluh saat ternyata medan maupun tujuan selama perjalanan tak sesuai dengan harapan.

Kamu juga wajib menyiapkan fisik sebelum traveling. Persiapan fisik tidak hanya diperlukan untuk medan yang berat. Sekedar datang ke tempat selfi juga perlu persiapan fisik. Kalau badanmu drop kamu rentan untuk mengeluh dan membuat kawanmu repot.

2. Bohong

Menjadi seseorang yang hobi berbohong tentunya bukan hal yang baik. Apalagi saat traveling.

Jangan mencoba berbohong terutama jika itu menyangkut kemampuan fisik dan pengalaman travelingmu. Semisal, mengatakan kamu tidak punya riwayat penyakit tertentu atau berbohong bahwa kamu sudah pernah mendaki ke gunung a, b, c hanya supaya kamu bisa diajak mendaki.

Adakalanya seseorang menanyai hal tersebut bukan hanya untuk mempertimbangkan kamu layak diajak atau tidak. Namun pertanyaan tersebut justru lebih ke persiapan apa saja yang diperlukan jika akan mengajak kamu.

Kalau kamu tidak jujur dari awal, perjalanan bisa jadi berbahaya, dan tentunya tidak mengenakkan pada akhirnya.

3. Terlambat

Usahakan tepat waktu kalau sedang janjian. Membuat kawan menunggu terlalu lama tentunya bisa menimbulkan perasaan tidak enak satu sama lain. Apalagi kalau sudah berhubungan dengan jadwal transportasi yang akan digunakan.

Ketinggalan kereta karena kamu ngaret, tentunya menjadi hal menyebalkan kalau sampai terjadi.

4. Egois

Traveling itu bisa menjadi dua mata pisau. Bisa membuat persahabatanmu bubar, atau justru membuat persahabatanmu kian erat.

Kuncinya tentu saja pada bagaimana masing-masing mengatur keegoisannya. Bahkan perkara keegoisan, nyawa bisa jadi taruhannya.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com