Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2019, 08:01 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com – Kabupaten Magelang ternyata memiliki pemandian air hangat yang alami. Bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya yang ingin merasakan sensasi mandi air hangat alami, mereka bisa mengunjungi Candi Umbul.

Nama “Candi” pada obyek wisata ini ternyata bukan sekadar sebutan saja. Pemandian air hangat ini ternyata merupakan kompleks candi atau situs peninggalan sejarah masa lalu. Bisa dibilang ini adalah candi yang ada kolam air hangatnya.

Baca juga: 4 Tips Berkunjung ke Pemandian Air Hangat-nya Magelang di Candi Umbul

Dengan berkunjung ke Candi Umbul, kamu tidak hanya bisa mandi air hangat saja. Kamu juga bisa berswafoto karena pemandian air hangat ini berada di kompleks candi sehingga rasanya seperti kembali ke masa lalu.

Candi Umbul tepatnya berada di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Kota Magelang adalah sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh sekitar setengah jam.

Rute menuju Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Candi Umbul paling mudah dapat ditempuh dari jalan utama Magelang-Semarang. Hal itu dikarenakan lokasi pemandian air hangat ini tidak begitu jauh dari jalan utama tersebut.

Jika dari Magelang, maka kamu cukup berkendara sejauh sekitar 18 kilometer melalui jalan utama ke arah Semarang. Nantinya akan ada belokan kecil di kanan (timur) jalan yang mengarah ke Candi Umbul.

Baca juga: Pemandian Unik di Magelang, Berada dalam Kompleks Candi

Nantinya akan ada plang penunjuk arah menuju Candi Umbul. Namun, plang itu cukup kecil sehingga rawan terlewat. Kamu harus mengurangi kecepatan kendaraan menjelang belokan itu.

Selanjutnya perjalanan menuju Candi Umbul sudah tidak jauh lagi. Kurang dari satu kilometer atau tepatnya 600 meter dari jalan utama Magelang-Semarang, kamu sudah akan sampai di Candi Umbul.

Jalan sampai di area parkir Candi Umbul sudah baik. Jalan sudah diaspal dan kondisinya masih cukup halus. Meski agak kecil, mobil hingga bus bisa melewati jalan itu.

Baca juga: Cara Mudah Menikmati Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Jika dari arah Ambarawa, rute paling mudah adalah melalui jalan utama menuju Magelang. Cukup melaju ke arah selatan sejauh 20 kilometer, selanjutnya belok kiri di jalan menuju Candi Umbul.

Sementara dari pusat Kecamatan Grabag, perjalanan bisa dilakukan dengan menyusuri Jalan Raya Grabag ke arah selatan (Magelang). Hanya sekitar 1,5 kilometer, pejalanan belok ke arah kanan di Jalan Candi Umbul. Sudah ada plang penunjuk jalan menuju lokasi.

Selanjutnya cukup menyusuri Jalan Candi Umbul sejauh kurang-lebih 3 kilometer. Jika terus melaju, kamu akan sampai di jalan utama Magelang-Semarang.

Harga Tiket Candi Umbul

Candi Umbul memang cukup unik karena menawarkan air hangat alami di dalam kompleks candi. Meski demikian, harga tiket yang harus kamu bayar tidaklah mahal. Per Juni 2019, harga tiketnya hanyalah Rp5.000 saja.

Kamu sudah bisa menikmati pemandian air hangat sepuasnya dengan harga itu. Tidak ada batas waktu bagi pengunjung untuk mandi air hangat. Namun, kamu hanya bisa masuk selama jam buka, yakni mulai pukul 06.00 sampai sekitar 17.30 WIB.

Batuan candi di samping kolam pemandian Candi Umbul Magelang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Batuan candi di samping kolam pemandian Candi Umbul Magelang.

Total ada dua kolam yang bisa digunakan untuk mandi air hangat. Dinding kolam tersebut terbuat dari batu andesit khas candi. Pemandian air hangat ini konon merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Waktu yang pas untuk berkunjung ke Candi Umbul adalah pagi hari sewaktu hari kerja. Selain bisa lebih puas menikmati air hangat, saat sepi kamu juga bisa berfoto dengan lebih leluasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com