Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute dan Harga Tiket Obyek Wisata Kalitalang Klaten Per Juni 2019

Kompas.com - 17/06/2019, 08:27 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com – Bagi mereka yang ingin menyaksikan kegagahan kawah Gunung Merapi, tidak perlu harus melakukan pendakian. Ada cara lebih mudah yang bisa dilakukan.

Cara yang bisa dilakukan adalah berkunjung ke obyek wisata Kali Talang. Di sini, kamu tidak perlu capai-capai mendaki ke puncak Gunung Merapi. Terlebih sekarang pendakian ke gunung api itu sedang ditutup karena aktivitas vulkanik yang meningkat.

Baca juga: Menyapa Gagahnya Puncak Gunung Merapi di Kali Talang, Klaten

Kali Talang berada pada ketinggian sekitar 1.160 meter di atas pemukaan laut (mdpl). Puncak dan kawah Merapi tampak begitu dekat dari obyek wisata ini. Jika menggunakan lensa tele atau zoom, puncak dan kawah tersebut akan terlihat lebih jelas lagi.

Obyek wisata Kali Talang berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Waktu tempuh dari Kota Klaten menuju Kali Talang adalah sekitar satu jam dengan jarak sekitar 31 kilometer.

Berangkat dari Timur, Jangan Langsung Ikuti Google Maps!

Jika kamu berencana menuju Obyek Wisata Kali Talang dari arah timur (Kota Klaten, Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, atau Surakarta) janganlah langsung mengikuti aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps.

Rute tercepat yang ditunjukkan Google Maps akan melewatkanmu di Jalan Deles Indah yang kondisinya berdebu dan tidak begitu baik. Kamu juga harus berbagi jalan dengan truk-truk pengangkut pasir yang jumlahnya tidak sedikit.

Jalur yang harus melalui sungai lahar hujan Gunung Merapi.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jalur yang harus melalui sungai lahar hujan Gunung Merapi.
Selain itu, kamu juga akan melewati sungai aliran lahar hujan Gunung Merapi, yakni Kali Woro jika langsung mengikuti rute tercepat Google Maps menuju Kali Talang. Melewati sungai penuh batu ini cukup mendebarkan karena rawan membuat kendaraan selip.

Oleh karena itu, jangan ikuti begitu saja saran rute tercepat dari Google Maps untuk menuju Obyek Wisata Kali Talang jika memulai perjalanan dari timur. Alih-alih ingin cepat sampai, kamu malah akan menemui kesulitan di rute “tercepat” ini.

Rute Termudah Menuju Obyek Wisata Kali Talang

Jika kamu berangkat dari arah timur, rute termudah yang hendaknya kamu lalui adalah via Kecamatan Manisrenggo. Pertama, melajulah ke arah barat dari Kantor Camat Manisrenggo melalui Jalan Raya Manisrenggo.

Nantinya kamu akan sampai di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dangan Daerah Istimewa Yogyakarta pada sebuah perempatan. Belok kanan di perempatan ini atau ke arah utara. Selanjutnya ikuti jalan utama tersebut ke arah utara.

Baca juga: Meriahnya Kirab Gunungan Ketupat, Tradisi Syawalan Unik di Klaten

Lurus saja mengikuti jalan itu sejauh sekitar 10,5 kilometer. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke arah kanan memasuki jalan kampung yang lebih sempit. Meski demikian jalan masih cukup baik dan bisa dilalui mobil.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena telah tersedia plang-plang penunjuk arah yang akan menuntun perjalanan ke Kali Talang. Cukup ikuti plang itu dan perjalananmu akan sampai di Kali Talang.

Sementara jika memulai perjalanan dari arah barat atau Yogyakarta, kondisi jalan relatif baik. Mengikuti aplikasi Google Maps menuju Kali Talang dari Yogyakarta bukanlah masalah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com