Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2019, 11:03 WIB
Firmansyah,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


BENGKULU, KOMPAS.com - Sepanjang 2019 Pemprov Bengkulu dan pemerintah kabupaten/kota merangkai sejumlah agenda internasional dan nasional di daerah itu. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan mendongkrak kunjungan wisatawan di "Bumi Rafflesia".

Bagi kamu memimpikan Bengkulu sebagai destinasi wisata sebaiknya simak dulu sejumlah agenda yang disiapkan agar traveling semakin berkesan.

Bengkulu menyiapkan sejumlah festival mulai dari hal yang berbau romantis hingga memacu adrenalin. Apa saja festival itu? Berikut agendanya:

1. Festival Bumi Rafflesia 2019

Festival ini dihelat pada 18-22 Juli 2019 di Pantai Panjang Bengkulu. Festival diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya, Bencoolen Dhol Attraction, Bencoolen Etnic Carnaval, Bencoolen Arts and Cultur Festival, Bengkulu Inafact Fair, Festival Kopi Bengkulu, 'Nge Trail Wonderful Bengkulu.

"Ada pertunjukan 500 alat musik khas Bengkulu yakni dhol tentunya akan memukau wisatawan," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Sabtu (15/6/2019).

Buat kamu pecinta kopi, jangan lewatkan Festival Kopi Bengkulu. Nikmati harum dan sedapnya kopi bengkulu yang diracik oleh para ahli secara profesional.

2. Festival Tabut

Festival Tabut merupakan festival tahunan Bengkulu dihelat pada 31 Agustus-9 September 2019.

Festival meliputi prosesi ritual tabut, lomba kreavifitas kerajinan Bengkulu, dan pergelaran seni budaya. Prosesi arak tabut hingga dibuang ke laut tentu sangat menarik untuk disaksikan.

3. Bencoolen International Marine Festival

Festival ini dihelat pada 28-29 September 2019 berpusat di benteng terbesar di Asia Tenggara, Fort Marlborough.

Acara ini berisi sejumlah rangkaian Konferensi Kopi Bengkulu, Festival Makanan Khas Laut, Chinatown Festival, Kampung Komunitas Bengkulu, serta Fort Marlborough Art and Culture Festival.

Menjelajahi sejarah di Benteng Marlborough merupakan pilihan yang tidak akan terlupakan. Dalam festival ini kamu akan dimanja dengan suguhan kopi, serta makanan khas laut Bengkulu.

4. Festival Pesisir Pantai Panjang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com