Share this page

Ini Dia Kedai Favorit Orang Aceh, Kopi Solong

Kompas.com - 17/Jun/2019 , 20:36 WIB

Ini Dia Kedai Favorit Orang Aceh, Kopi Solong

KOMPAS.com - Masyarakat Aceh memiliki budaya sosialisasi yang kental, ngobrol bareng sambil minum kopi di kedai kopi. Maka tak aneh lagi jika provinsi di ujung barat Sumatera ini dijuluki sebagai Negeri Seribu Kedai Kopi.

Julukan tersebut tidak berlebihan, karena Sobat Pesona akan banyak menjumpai kedai kopi di seantero Aceh. Akan tetapi ada salah satu kedai kopi legendaris dari Aceh, Solong Coffee atau Kopi Solong.

Aslinya Jasa Ayah

Asal mula nama kedai berawal dari pemilik kedai yang bernama Muhammad Saman atau Abu Solong yang kerap dipanggil dengan nama Solong. Panggilan itu disematkan saat ia bekerja untuk orang Tionghoa.

Ketika Muhammad Saman membuka kedai di tahun 1974, pembeli mulai akrab dan lebih suka mempromosikan kenikmatan kopinya dengan nama panggilannya.

Seiring bertambahnya penikmat kopi yang suka berbincang sambil minum kopi di kedai kopi miliknya, nama Solong akhirnya terkenal hingga saat ini. Kemudian, mayoritas pelanggan kedai kopi menyebutnya dengan nama kopi Solong. Nama ini jadi lebih dikenal daripada nama kedainya sendiri, yaitu Jasa Ayah.

Kedai kopi itu mulai dikenal luas oleh masyarakat luar Ulee Kareng sekitar tahun 1990-an. Setelah menjadi maskot kedai kopi di Aceh, kedai Solong mulai didatangi banyak orang penting seperti pejabat negara, seniman, dan tokoh masyarakat lainnya.

Kebanyakan wisatawan yang minum kopi di kedai kopi ini sering membicarakan masalah bisnis, politik, budaya, atau hanya sekadar obrolan ringan. Bahkan tak jarang, jadi tempat berkumpul warga Aceh untuk menyelesaikan masalahnya.

Campuran khas

Kopi yang disajikan di kedai ini diolah sendiri oleh pemiliknya. Ramuan kopi ini makin terasa kenikmatannya karena menggunakan campuran jagung, biji jagung, gula, dan mentega. Semua ramuan itu dipadukan dengan biji kopi robusta.

Cara menyeduh dan menyaring kopi pun cukup unik. Kopi disaring menggunakan kain tipis yang dipindah dari satu ceret ke ceret lainnya, sehingga saat kita mencicipi biji kopinya tidak muncul lagi di gelas.

Kedai Kopi Solong selalu ramai pengunjung.https://pesona.travel/ Kedai Kopi Solong selalu ramai pengunjung.

Selain aneka kopi Aceh seperti kopi Gayo, Kedai Kopi Solong juga menawarkan beragam cita rasa kopi yang bisa dinikmati pelanggannya.

Ada kopi kampung (robusta), kopi espresso (arabica), kopi hitam biasa, kopi susu, dan lainnya. Pastinya, cita rasanya juga beda dengan kopi seduh biasa. Harga kopi yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 19.000.

Selain kopi, kedai kopi tersebut juga menyediakan kuliner khas, kue-kue tradisional seperti kue ade, timpan, kue jala, dan lainnya.

Kedai Kopi Solong kini memiliki empat cabang. Kedai paling besar sekaligus pusatnya berada di Jalan T Iskandar No 13-14, Ulee Kareng, Banda Aceh. Nah, jika Sobat Pesona termasuk penggemar kopi, mesti mampir ke sini kalau liburan ke Aceh.

Baca juga artikel tentang kuliner di Aceh berikut ini:

Kedai Mie Aceh Paling Hits di Aceh

Martabak Aceh, Gurihnya Telur dan Bumbu Kari

Gutel, Makanan Tradisional Bekal Pejuang Aceh

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya